Di Australia, Minum Air Sambil Menyetir Siap-siap Kena Denda
Unsplash/Pixabay
Otomotif

Di Australia, Minum Air Sambil Menyetir Siap-siap Kena Denda

Zega
Sabtu, 12 Oktober 2019 11:21 WIB 12 Oktober 2019, 11:21 WIB

INDOZONE.ID - Ada berbagai peraturan yang harus dipatuhi oleh pengendara, baik itu pengendara motor atau mobil, saat berada di jalan raya. Hal ini demi keamanan diri sendiri dan juga orang lain. Namun, ada peraturan yang cukup unik di salah satu negara bagian Australia ini.

Seorang pria di Brisbane, Queensland, dikenakan denda sebesar $AUD 173 (Rp 1,7 juta) oleh polisi hanya karena minum air dari botol sambil menyetir. Pria ini bernama Brock Harris.

Kala itu, Brock baru selesai bekerja dan hendak berkendara untuk pulang. Sialnya, AC di mobilnya rusak padahal suhu di sana sedang panas-panasnya, bahkan mencapai 39 derajat Celcius. Karena itulah, Brock meminum air untuk menyegarkan tubuhnya.

"Saya kemudian berhenti dan membeli satu botol air, dan ketika saya menyetir, saya diberhentikan polisi yang mengatakan tindakan minum air putih sambil nyetir itu ilegal," kata Harris dikutip dari ABC.

Brock menegaskan dia akan tetap membayar denda, namun dia juga merasa kalau peraturan tersebut terlalu mengada-ada.

"Bila memang itu bertentangan dengan hukum, saya akan membayar denda. Tetapi bukankah tidak berperasaan bila mendenda seseorang yang minum air agar tidak dehidrasi dalam suhu 39 derajat."

"Polisi itu mengatakan dia hanya menjalankan tugasnya. Namun saya akan mengajukan banding atas denda ini," kata Harris.

Menanggapi hal ini, Superintendent David Johnson dari Kepolisian Queensland mengatakan bahwa pengendara harus berkonsentrasi penuh di jalanan.

Jika pengendara tidak sepenuhnya menguasai kendaraan, maka dia sudah melakukan pelanggaran. Jika memang harus meminum air, sebaiknya menepi dulu dan bukannya meminum air sambil menyetir.

"Dalam mengeluarkan denda kami melihat peristiwanya satu per satu, apakah tindakan pengemudi itu membahayakan diri sendiri atau yang lain. Mengendara dengan ceroboh dulunya harus dibuktikan dan dibawa ke pengadilan, namun sekarang kami menjatuhkan denda langsung." pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU