Apakah Diecast Bisa Menjadi Lahan Investasi yang Menjanjikan?
Instagram/@tonicristi88/@hw.hunter1999
Otomotif

Apakah Diecast Bisa Menjadi Lahan Investasi yang Menjanjikan?

Zega
Kamis, 17 Oktober 2019 11:51 WIB 17 Oktober 2019, 11:51 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu mainan yang banyak dikoleksi oleh para pehobi adalah miniatur otomotif (diecast). Ada yang mengoleksinya sebagai hobi semata, namun ada pula yang menjadikannya ladang investasi dan bisnis. Apalagi, diecast memiliki beragam jenis dan penilaian, mulai dari brand, skala, dan juga kelangkaaan.

"Tiap diecast memiliki nilai jual masing-masing. Melihat dari skala juga, dan mereka punya marketnya masing-masing. Lalu, dilihat dari tingkat kelangkaan di Indonesia, dimana launching-nya, dan di dalam event khusus apa," kata Feldani Effendy, Public Relations Indonesia Diecast Expo 2019, Rabu, dilansir dari Antara.

Semakin langka sebuah diecast, maka tentu harganya akan semakin mahal. Hal inilah yang menjadikan diecast bisa menjadi salah satu ladang bisnis lewat lelang atau forum jual-beli komunitas.

Namun, Feldani mengingatkan agar pemain baru tidak memandang diecast hanya pada harga semata. Asumsi semakin mahal diecast, maka harga jualnya kelak semakin tinggi, tidak selalu benar.

"Buat pemain baru yang ingin investasi melalui hobi diecast ini, tipsnya adalah learning by doing. Yang harus diingat, tiap orang punya selera masing-masing, bukan cuma dari harga yang mahal saja," kata Feldani.

"At the end kita hobi ini sesuai dengan style kita. Buat apa melakukan hobi tapi kita melupakan unsur fun-nya? Unsur fun-nya ini yang harus disesuaikan, dan fokus utama pehobi, ya untuk hobi, bukan investasi," lanjut dia.

Untuk itu, tidak ada salahnya kamu masuk komunitas diecaster agar bisa memiliki relasi yang banyak, dan juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai diecast. Seiring berjalannya waktu, maka kamu akan mengerti mana diecast yang memang langka, dan mana yang tidak. Ini juga bisa mengurangi potensi kamu kena tipu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jada Toys (@jadatoys) on

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU