The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Durian dan Nangka Bisa Menjadi Sumber Energi Mobil Listrik Masa Depan
Durian. (Unsplash/Jim Teo)
Otomotif

Durian dan Nangka Bisa Menjadi Sumber Energi Mobil Listrik Masa Depan

Kamis, 12 Maret 2020 10:42 WIB 12 Maret 2020, 10:42 WIB

INDOZONE.ID - Para peneliti di Universitas Sydney mengatakan durian dan nangka dapat digunakan sebagai komponen elektroda kapasitor guna menyimpan energi listrik pada baterai yang dipakai di mobil listrik. 

Nantinya, peneliti tersebut akan mengambil limbah dari bagian yang tidak bisa dimakan dari durian dan nangka. Kemudian akan dikembangkan menjadi komponen penyimpanan listrik khususnya dalam metode pengisian cepat.

"Kami melihat durian dan nangka karena sekitar 70 persen buahnya tidak dapat dimakan," ujar Vincent Gomes selaku Profesor Universitas Sydney. 

"Kami berpikir untuk menggunakan hal-hal yang disediakan alam -- limbah dengan nol biaya yang biasanya dikirim ke tempat pembuangan sampah -- lalu memprosesnya menjadi elektroda kapasitor super ini," lanjutnya. 

Meski beraroma tajam, buah durian dan nangka yang sangat populer di Asia ini sangat mudah untuk digunakan jika mau mengembangkan baterai mobil listrik di masa depan. Bahkan, para peneliti mengatakan biaya pengembangan dari baterai mobil listrik tersebut tidak memakan biaya dan ramah lingkungan. 

"Mampu menyimpan (listrik) dengan murah, dalam jumlah besar, akan menjadi game-changer besar," imbuh Gomes. 

"Seseorang dapat menyimpan energi dan menggunakannya di malam hari ketika matahari tidak bersinar," lanjutnya. 

Selain itu, para peneliti juga mengatakan baterai yang dibuat dari durian dan nangka akan bertahan lebih lama dan mengisi daya lebih cepat dibanding dengan baterai lithium-ion yang dijumpai di ponsel, tablet, dan mobil listrik. 

"Hasil yang fantastis adalah jika kapasitor super ini diisi, bisa menjalankan 'tuk-tuk' atau skuter dengan cepat," ujarnya. 

"Di desa, ketimbang membakar mesin diesel, mereka dapat mengandalkan perangkat penyimpanan energi ini untuk menyalakan listrik sepanjang hari," tegas Vincent Gomes.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US