The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Yuk Kenali 4 Penyebab yang Bisa Bikin Lampu Motor Kamu Redup
Ilustrasi lampu motor (freepik)
Otomotif

Yuk Kenali 4 Penyebab yang Bisa Bikin Lampu Motor Kamu Redup

Sabtu, 09 Januari 2021 09:04 WIB 09 Januari 2021, 09:04 WIB

INDOZONE.ID - Kita semua tahu bahwa lampu adalah komponen vital pada kendaraan untuk menjaga visibilitas selama berkendara.

Lantas apakah kita harus mengganti lampu bohlam kendaraan yang sudah meredup? Sebaiknya kita tidak buru-buru menggantinya karena terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan mengganti lampu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti yang sudah dilansir dari Antara:

1. Mika Lampu atau Reflektor Buram

Sama halnya dengan produk elektronik maupun otomotif yang lain, mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai. Jika masa pakai reflektor motor dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.

2. Saklar Lampu Kotor

Saklar lampu merupakan komponen yang tidak kalah penting namun sering sekali dilupakan. Masalah pada saklar lampu dapat menjadi salah satu penyebab redupnya sinar yang dipancarkan. Masalah ini bisa diakibatkan karena pemakaian yang sudah lama atau kurang perawatan. Selain itu debu juga dapat memicu lampu menjadi redup.

3. Soket Lampu Kendor

Soket lampu merupakan salah satu komponen penting pada lampu motor. Jika soket lampu ini kendor, maka arus listrik yang dihasilkan akan meluber ke mana-mana. Akibatnya, hanya sedikit arus listrik yang sampai pada lampu motor.

4. Baterai Lemah

Jenis motor yang menggunakan sistem penerangan DC, kondisi baterai atau aki harus sangat diperhatikan. Aki merupakan pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan. Baterai atau aki inilah yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik. Jadi jika aki lemah maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan pun ikut melemah. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US