The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bagaimana Performa dari New Xpander Terbaru, ini Kata Pebalap dan Pengamat Otomotif
Aksi Legenda Paris Dakar Hiroshi Masuoka Dengan New Xpander (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)
Otomotif

Bagaimana Performa dari New Xpander Terbaru, ini Kata Pebalap dan Pengamat Otomotif

Bisa nanjak ekstrim?

Jumat, 18 Februari 2022 16:10 WIB 18 Februari 2022, 16:10 WIB

INDOZONE.ID - Di GIIAS 2021 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan New Xpander dan Xpander Cross dengan memasang transmisi baru Continuously Variable Transmission (CVT). CVT ini diklaim pabrikan membuat performanya kian bertenaga dan hemat bahan bakar. Apa benar?

Pabelap Nasional Rifat Sungkar yang sekaligus Duta merek Mitsubishi di Tanah Air dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengulik langsung bagaimana kinerja dari Small MPV tersebut.

Dikutip dari Antara (18/2/2022), Rifat menuturkan transmisi New CVT yang menggerakkan roda depan (Front Wheel Drive/FWD) Xpander memberikan rasa berkendara lebih nyaman dan efisien berkat keseimbangan antara akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan. 

Baca juga: Chery Mulai Produksi Omoda 5, Indonesia Kebagian, Tetarik?

"Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan, dan yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500. Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada," tutur Rifat.

Pereli Indonesia itu mengakui, pengguna mungkin tetap melakukan "kick down" atau menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mendapatkan akselerasi. Namun menurut Rifat, hal itu tidak perlu dilakukan sebab pengguna New Xpander hanya perlu mempertahankan torsi di RPM tertentu untuk mendapatkan tenaga optimal.

"Ini berbeda dengan Xpander lama. Kick down memang ada tapi pengguna bisa mempertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," tambah pemilik usia 43 tahun itu.

Sementara itu, Jusri Pulubuhu, lebih menyoroti tentang spesifikasi teknis mobil. Ia menyebutkan, baik sistem penggerak depan maupun penggerak belakang (Rear Wheel Drive/RWD) tidak memiliki perbedaan signifikan saat menanjak apabila kondisi medan jalannya ideal.

"Secara keseluruhan kalau mobilnya sudah bergerak, sudah ada motion (momentum bergerak sebelum tanjakan) sebenarnya tidak ada masalah untuk penggerak depan atau belakang," tutup Jusri.

Informasi tambahan, MMKSI selain memperbaharui sistem CVT pada New Xpander tadi, mesin 1.500 cc MIVEC DOHC 16 Valve (Euro 4) yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM, torsi 141 Nm pada 4.000 RPM juga memakai Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mampu mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

Bagaimana, guys mobil baru ini?


Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US