The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

BBM Naik, Penumpang Transjakarta Meningkat 10 Persen dalam Sebulan Terakhir
TransJakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Otomotif

BBM Naik, Penumpang Transjakarta Meningkat 10 Persen dalam Sebulan Terakhir

Penumpang Transjakarta Meningkat 10 Persen Sebulan Terakhir

Jumat, 30 September 2022 09:48 WIB 30 September 2022, 09:48 WIB

INDOZONE.ID - Jumlah penumpang pada layanan layanan transportasi Transjakarta mengalami peningkatan sebanyak 10 persen dalam sebulan terakhir atau setelah adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

PT Transjakarta mencatat pada 26 Agustus, terdapat 707 penumpang per harinya. Jumlah penumpang bertambah menjadi 784 ribu pada 26 September. Kemudian pada 28 September, penumpang Transjakarta ada sebanyak 792 ribu.

“Penambahan jumlah pelanggan membuktikan lebih banyak lagi warga yang menggunakan transportasi pubikk," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor dalam keterangannya, Jumat, (30/9/2022).

"Dengan begitu, secara tidak langsung telah berkontribusi pada pengurangan emisi karbon,” tambahnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Siap Hadirkan 200 Kendaraan Listrik di Tahun 2023

Ia menjelaskan, kenaikan angka pelanggan ini didukung dengan upaya Transjakarta dalam memperluas jangkauan layanan, seperti pembukaan rute-rute baru, penambahan jam layanan, waktu operasional serta penambahan jumlah armada.

Di antaranya adalah perpanjangan waktu operasional pada rute Kalideres-Gelora Bung Karno (3F), reaktivasi dua rute non_BRT dari Bekasi dan Ciputat, reaktivasi rute Puri Beta-Pancoran (13B), hingga Mikrotrans rute Terminal Tanah Merdeka dan Terminal Pulogebang (JAK110).

“Meski harga BBM naik, tarif Transjakarta tetap Rp3.500 untuk seluruh layanan koridor maupun nonkoridor, Rp0 untuk layanan Mikrotrans dan bus tingkat, serta Rp20 ribu untuk layanan premium Royaltrans,” terang Anang.

Upaya yang dilakukan oleh Transjakarta tersebut pun untuk mendukung target Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan akses layanan transportasi umum hingga 95 persen dari cakupan wilayah.

Baca Juga: Tarif Transjakarta dan MRT-LRT Gak Naik, DPRD DKI: Rakyat Lagi Susah

“Transjakarta juga melakukan perpanjangan jam layanan operasional hingga 24 jam. Kemudahan ini semoga membantu mobilitas masyarakat,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US