The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kawasaki Tarik Kembali Ninja ZX-10R di Vietnam dan Amerika Serikat, Masalah Backfire
Kawasaki Ninja ZX-10R. (Dok. Kawasaki Motor Indonesia)
Otomotif

Kawasaki Tarik Kembali Ninja ZX-10R di Vietnam dan Amerika Serikat, Masalah Backfire

Rabu, 22 Juli 2020 16:03 WIB 22 Juli 2020, 16:03 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, Kawasaki menarik kembali unit Ninja ZX-10R di pasar Vietnam dan Amerika Serikat. Hal ini dilakukan pihak Kawasaki usai menemukan kesalahan pada sistem ECU. 

Pasalnya pada Juni 2020 lalu, Kawasaki merecall Ninja Zx-10R di AS akibat permasalahan yang sama. Kasus ini ditemui di beberapa Ninja ZX-10R yang melakukan quick shifting. Mengutip Motosaigon.vn, Kawasaki langsung melakukan penelitian dan menemukan kesalahan ECU saat pemotor melakukan quick shifter.

Tampilan ajakan recall Kawasaki Ninja ZX-10R di Vietnam
Tampilan ajakan recall Kawasaki Ninja ZX-10R di Vietnam. (motosaigon.vn)

Hal ini dikarenakan knalpot ZX-10R dapat nembak atau backfire saat melakukan quickshifter. Hal ini terjadi akibat campuran udara dan bahan bakar yang menjadi tidak tepat. 

Kasus backfire tidak bisa disepelekan karena dapat rusak komponen air suction valve pada knalpot yang bertugas mengatur kadar emisi gas buang. Selain itu, hal ini dapat membuat komponen jadi jebol dan mengakibatkan gas buang akan kembali ke mesin.

Hal tersebut akan berefek pada komponen lain yang kepanasan hingga meleleh, dan kasus ekstremnya hingga motor terbakar. Oleh karena itu, Kawasaki Vietnam menghimbau pemiliki Ninja ZX-10R untuk ke dealer jika ditemukan kasus backfire.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Fernando Sutanto
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US