Korea Selatan Bangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menuju Cheong Wa Dae dengan mobil hidrogennya. (The Korea Times)
Otomotif

Korea Selatan Bangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen

Astrid Dwijayanti
Selasa, 22 Oktober 2019 16:19 WIB 22 Oktober 2019, 16:19 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 310 stasiun pengisian bahan bakar listrik di Korea Selatan rencananya akan dibangun sampai tahun 2022.

Melansir Koreatimes, pada Selasa (22/10) Pemerintah Korea Selatan mengatakan, Langkah pembangunan infrastruktur dan stasiun pengisian hidrogen merupakan langkah lanjutan dari Kementerian Pertanahan dan Transportasi, bersama instansi pemerintah terkait. 

Kementerian-kementerian tersebut telah mengumumkan 'Peta jalan penggairahan ekonomi hidrogen' pada Januari lalu dan juga 'Strategi pengembangan industri mobil masa depan" pada 15 Oktober lalu. 

Dalam banyak hal, hidrogen merupakan bahan bakar yang sempurna. Dimana, bahan bakar ini tidak akan menghasilkan emisi saat digunakan dalam sel bahan bakar.

Hidrogen mungkin satu-satunya bahan bakar alternatif yang dapat mengurangi ketergantungan negara pada minyak asing sekaligus mengurangi gas rumah kaca secara signifikan.

Pemerintah Korea Selatan berupaya membangun masyarakat untuk memanfaatkan hidrogen sebagai sumber energi utama untuk kendaraan dan penggunaan sehari-hari. Kebijakan ini dianggap sebagai salah satu proyek utama yang dilakukan oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Kim Hyun Mee mengatakan, ketika negara sudah memenuhi target pengembangan 67 ribu unit mobil hidrogen ke pasar pada 2022, artinya permintaan tahunan untuk pengisian bahan bakar hidrogen tersebut akan mencapai 30 ribu ton.

"Kami berencana akan memenuhi permintaan tersebut dengan memasok hidrogen melalui berbagai cara," katanya.

Secara rinci, kementerian akan memasok 250 stasiun pengisian daya di kota-kota besar di seluruh negeri, serta 60 stasiun di jalan tol. Diperkirakan bahwa pengemudi kendaraan hidrogen akan mampu mencapai stasiun pengisian hidrogen dalam waktu maksimum 30 menit di kota-kota utama dalam negeri

"86 stasiun hidrogen akan dibangun terlebih dahulu hingga akhir tahun ini," lanjutnya.

Selain itu, pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk secara agresif meningkatkan efisiensi ekonomi, kenyamanan dan keamanan di stasiun hidrogen guna penyebaran stasiun hidrogen secara cepat.

Artikel Menarik Lainnya

Hino Berharap Keamanan dan Infrastruktur Tetap Baik

Ilmuwan Temukan Semut Tercepat di Dunia yang Hidup di Gurun Sahara

Pipa Minyak Terbakar Dekat Proyek Kereta Cepat di Cimahi

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU