Ini 3 Istilah dalam Dunia Modifikasi Motor!
Ilustrasi motor. (Pixabay/SplitShire)
Otomotif

Ini 3 Istilah dalam Dunia Modifikasi Motor!

Senin, 13 Januari 2020 14:25 WIB 13 Januari 2020, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Dunia modifikasi motor di Indonesia saat ini cukup bergeliat. Tak jarang kita melihat, cukup banyak pemotor dengan model yang unik dan ekslusif karena mereka memodifikasi motornya di bengkel-bengkel modifikasi pilihannya.

Dalam dunia modifikasi sebenarnya ada beberapa tiga istilah pebengkel motor yang berkaitan dengan modifikasi. Ada yang namanya builder, modifikator dan customizer. Ketiganya sama-sama menghasilkan motor yang berbeda dari standar, tapi mereka memiliki keahlian masing-masing.

Berikut penjelasan Bingky dari bengkel Carburator Springs kepada Indozone, mengenai 3 istilah pebengkel dalam dunia modifikasi motor.

1. Builder

istilah dalam dunia modifikasi motor
Ilustrasi motor. (Pixabay/Josch13)

Builder merupakan seseorang atau pebengkel yang membuat atau membangun motor dari nol sampai benar-benar menjadi motor yang bisa berjalan. Para builder biasanya bisa membangun motor dengan hanya mengandalkan mesin atau jeroan yang tersedia.

"Builder itu, orang yang mengonsep atau membikin motor dari nol. Cuma jeroannya. Mesin yang paling utama, mesin apa aja terserah. Dari mesin itu dibikin sebuah motor dan motor itu bisa dikendarai. Mereka yang disebut builder udah mampu memproduksi motor untuk orang lain dan motornya beda-beda," kata Bingky saat dihubungi Indozone, Senin (13/1/2020).

2. Modifikator

istilah dalam dunia modifikasi motor
Ilustrasi motor. (Unsplash/Nguyen Le Hoai Chau)

Modifikator adalah orang yang merubah bantu standar sebuah motor. Ia yang mengonsepkan motor itu akan berubah seperti apa, mulai dari desainnya hingga part-part yang digunakan pada motor modifikasi tersebut.

"Kalau modifikator, dia mengubah bentuk atas dasar konsepnya sendiri. Ia yang menginginkan motor itu harus seperti apa. Misalnya motor standar di rubah kemudian jadi, ntah itu mau dijual atau di pakai sendiri. Dia merubah dengan ide, inisiatif dan gagasannya sendiri," ujar lelaki nyentrik tersebut.

3. Customizer

istilah dalam dunia modifikasi
Ilustrasi motor. (Pixabay)

Customizer sebenarnya mirip dengan modifikator, tetapi mereka berbeda dalam urusan konsep. Mereka yang disebut customizer adalah pebengkel yang mengubah bentuk motor sesuai dengan konsep dan permintaan dari kliennya.

"Dia adalah pebengkel yang merubah motor standar milik orang, sesuai yang diminta. Misalkan, tolong dong saya punya konsep seperti ini, bahannya seperti ini, bentuk tangkinya seperti ini. Jadi si pebengkel itu atau customizer mengubah motor itu berdasarkan keinginan orang yang punya. Dia mengubah bentuk motor sesuai dengan konsep orang tersebut," tukasnya.


Nah itulah 3 istilah pebengkel yang #KAMUHARUSTAU. Jadi, motor kamu mau dirubah kayak gimana nih guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Yulia Marianti
Wilfridus Kolo
Fauzi

Fauzi

Editor
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU