The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rentan Alami Karat dan Korosi, Ini Tips Merawat Mobil di Tengah Musim Hujan
Ilustrasi menjaga mobil di tengah musim hujan. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Otomotif

Rentan Alami Karat dan Korosi, Ini Tips Merawat Mobil di Tengah Musim Hujan

Selasa, 07 Desember 2021 19:27 WIB 07 Desember 2021, 19:27 WIB

INDOZONE.ID - Kendaraan seperti mobil juga sering diibaratkan dengan manusia, sebab mobil dapat mengalami kerusakan. Tidak hanya karena kecelakaan, musim hujan juga menjadi salah satu tantangan untuk menghindari kerusakan pada mobil.

Beberapa jenis kerusakan yang bisa terjadi, yakni karat dan korosi, kaca depan mengalami pecah, atau hal-hal lainnya. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk melakukan perawatan preventif pada mobil. Oleh karena itu, mari ketahui beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat mobil di tengah musim hujan.

1. Bersihkan Lampu Depan, Kaca, dan Jendela

membersihkan lampu kaca
(Photo/The Drive)

Visibilitas merupakan keharusan mutlak saat berkendara. Selalu pastikan bahwa kaca depan dan jendela mobil bersih serta bebas dari debu atau kabut. Sebab, bintik lumpur terkecil atau tetesan lumpur yang berserakan dapat menghalangi pandangan ke jalan. Oleh karena itu disarankan untuk membersihkannya secara teratur. Periksa juga lampu depan dan ganti bola lampu telah mengalami redup.

2. Menganti Penyeka Kaca

merawat mobil di tengah musim hujan
(Photo/Wrench)

Penyeka kaca atau windscreen wiper merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Oleh karenanya, periksa penyeka kaca mobil secara teratur. Hal ini karena penyeka kaca memiliki peran penting saat menghadapi hujan.

3. Periksa Baterai

baterai mobil
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Baterai adalah penyelamat mobil atau kehidupan dari mobil itu sendiri. Sebuah studi otomotif baru-baru ini mengatakan bahwa banyak pengemudi mengalami masalah terkait baterai selama musim hujan.

Baca juga: Pengrajin Capek-capek Susun Batu Bata untuk Dijemur, Malah Dilindas Truk Sebelum Kering

Maka untuk menghindarinya, periksa baterai mobil secara teratur. Pengendara juga bisa melakukan konsultasi dengan mekanik tentang kapasitasnya untuk melewati tekanan yang sangat besar.

4. Merawat Rem

rem mobil
(Photo/Popular Mecanichs)

Demi menghindari kecelakaan saat melakukan perjalanan di tengah musim hujan, maka pengendara harus merawat rem. Hal ini agar memastikan bahwa mobil yang dikendarai berfungsi dengan baik.

Sebab, saat jalanan menjadi licin karena hujan, rem adalah satu-satunya hal yang dapat membantu pengendara agar tidak kehilangan kendali atas mobil atau tergelincir. Bantalan rem harus masih memiliki bahan gesekan yang cukup dan ketebalan cakram rem harus tetap dapat memenuhi spesifikasi pabrikan.

5. Merawat Ban dengan Benar

merawat mobil
(Photo/Car.co)

Ban merupakan keharusan untuk diperiksa dengan benar sebelum bepergian. Pastikan ban memiliki jumlah tekanan, kedalaman tapak, dan alur yang tepat sebelum membawanya ke jalan untuk menghindari meliuk. Pengendara disarankan agar menjaga roda mobil sejajar sehingga mudah untuk menghindari lubang dan gundukan yang biasanya terendam air banjir saat musim hujan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US