The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ditinggal Pabrikan Alfa Romeo, Tim Sauber Gabung Tim Renault?
Pabrikan Alfal Romeo di F1. (photo/Instagram/@alfaromeoracingorlen)
Otomotif

Ditinggal Pabrikan Alfa Romeo, Tim Sauber Gabung Tim Renault?

Kamis, 21 Januari 2021 16:30 WIB 21 Januari 2021, 16:30 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu, telah beredar kabar bahwa Alfa Romeo tinggalkan ajang F1 dikarenakan kesepakatan merger antara FIAT dengan Peugeot. Seperti diketahui, FIAT dan Peugeot telah melakukan kesepakatan merger untuk melahirkan nama brand mobil terbarunya, yaitu Stellantis. 

Selain Stellantis, terdapat Jeep, Alfa Romeo, Lancia, Abarth, Dodge, Ram, lalu Peugeot terdapat Citroen, DS, Opel, dan Vauxhall yang berada di bawah merger ini. Merger ini akan mengubah kebijakan seluruh perusahaan dan salah satu langkahnya adalah mundurnya Alfa Romeo dari kelas F1. 

Tetapi, mundurnya Alfa Romeo bukan berarti Sauber akan meninggalkan grid F1 juga. Dengan kata lain, Alfa Romeo bisa mundur dari F1 tetapi tim akan bernama Sauber. Masalahnya adalah soal pendanaan, di mana tim Sauber diragukan untuk bisa berdiri sendiri dan membutuhkan sokongan uang. 

Selain itu, kontrak sebagai tim customer mesin Ferrari sendiri berakhir pada 2021. Melihat hal itu, Frederic Vassuer selaku bos Sauber berikan komentarnya.

"Kami terikat dengan Ferrari hingga akhir 2021," ungkap Frederic Vassuer melansir F1i.com.

"Kemudian kita harus memeriksa hasilnya karena kontrak berikutnya harus berjalan dari 2022 hingga 2026 dengan adanya mobil baru," lanjutnya. 

Melihat hal itu, Sauber diyakini akan mencari mitra lain dan Renault akan menjadi mitra yang cocok. DI sisi lain, Renault sendiri hanyalah memasok mesin ke 1 tim saja yakni timnya sendiri, Alpine F1 Team. Renault sendiri juga membutuhkan mitra yang bisa diajak kerja sama usai McLaren yang memilih menggunakan mesin Mercedes. 

Secara teknis, terdapat 4 mobil dengan mesin Renault yang lebih baik dari 2 mobil saja. Selain itu, Sauber juga bisa menjadi tim customer yang bisa menampung pembalap muda Renault. Hal ini terjadi dalam beberapa tahun terakhir di mana Sauber (Alfa Romeo) menampun pembalap muda tim Ferrari, Charles Leclerc dan Antonio Giovinazzi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US