The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penelitian IIHS : Mobil Kecil Memiliki Angka Kecelakaan Tertinggi
Ilustrasi mobil berdimensi kecil. (Ilustrasi/Unsplash/Ryan Kwok)
Otomotif

Penelitian IIHS : Mobil Kecil Memiliki Angka Kecelakaan Tertinggi

Senin, 01 Juni 2020 17:00 WIB 01 Juni 2020, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat, IIHS mengungkapkan fakta penelitian terbarunya. Menurut IIHS, mobil berdimensi kceil sumbang sebagian besar kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya. 

Melansir laman resmi IIHS, mobil kecil menyumbang 15 dari 20 model mobil yang mengalami kecelakaan di jalan raya. Pernyataan ini diungkapkan oleh Wakil Presiden Senior IIHS, Joe Nolan. 

"Kendaraan lebih kecil menawarkan lebih sedikit perlindungan bagi pengemudi dalam kecelakaan. Dengan bobot lebih ringan, mereka menerima beban lebih besar saat tabrakan dengan kendaraan yang lebih besar," ujar Joe Nolan. 

Sekadar informasi, tingkat kematian pengemudi rata-rata untuk model mobil 2017 di Amerika Serikat meningkat hingga 36 kematian, berbanding 30 kematian untuk model 2014. 

Tercatat, Ford Fiesta buatan 2017, menempati peringkat pertama sebagai mobil kecil yang menyumbang angka kematian tertinggi. Menurut data dari IIHS, Ford Fiesta berhasil mencatat 114 angka kematian pengemudi secara keseluruhan, dengan angka kecelakaan tunggal 46 kasus dan kecelakaan non tunggal sebanyak 98 kasus. 

Namun, tidak semua mobil kecil mengakibatkan kasus kematian ketika mengalami kecelakaan. Beberapa model justru berhasil mencatatkan angka kematian rendah, seperti Nissan Leaf dan Volkswagen Golf. 

Selain itu, masih terdapat beberapa model yang berhasil mencatatkan angka kematian terendah seperti SUV mewah, minivan, SUV besar, dan mobil mewah menengah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US