The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dari Gambar Patennya, Kawasaki ZX-10R Akan Pakai Pengontrol Kecepatan Canggih
Ilustrasi gambar paten Kawasaki Ninja ZX-10R dengan fitur canggih (Dok.Kawasaki)
Otomotif

Dari Gambar Patennya, Kawasaki ZX-10R Akan Pakai Pengontrol Kecepatan Canggih

Bermitra dengan Bosch.

Kamis, 09 Juli 2020 13:56 WIB 09 Juli 2020, 13:56 WIB

INDOZONE.ID - Gambar paten mengungkapkan kemungkinan Kawasaki Ninja ZX-10R baru dengan kontrol jelajah adaptif. Perusahaan Jepang itu mengkonfirmasi bahwa pada November tahun lalu, mereka telah bermitra dengan Bosch untuk mengembangkan sepeda motor baru dengan fitur keselamatan dan kenyamanan berbasis radar.

Pihak Kawasaki mengkonfirmasi bahwa nantinya unit radar yang berbentuk bujur sangkar, disembunyikan di balik panel transparan yang akan memiliki bentuk yang sama dengan lampu tunggal di sisi kiri. Dalam gambar bocoran terbaru Ninja ZX-10R tampak motor ini dibekali dengan sistem bantuan pengendara berbasis radar.

Mengutip Indianautoblog, Kamis (9/7/2020) radar pada fitur kontrol jelajah adaptif terlihat pada paten dengan kode 35 yang menunjukan ruang sentral asupan udara yang membuat motor tersebut hanya memiliki lampu utama tunggal. Idenya adalah mengganti lampu depan sisi kanan dengan unit radar.

Berdasarkan informasi sejauh ini, tampaknya Kawasaki Ninja H2 SX dan Kawasaki Ninja ZX-10R merupakan dua model yang akan menjadi sepeda motor pertama yang mendapatkan kontrol jelajah adaptif. Namun ke depan, Kawasaki kemungkinan akan menerapkan fitur bantuan pengendara ini pada motor yang lain di masa depan.

Kontrol jelajah adaptif berbasis radar yang dikembangkan Kawasaki dan Bosch memungkinkan sepeda motor mempertahankan jarak yang konstan dari kendaraan di depan tanpa input pengendara. Namun pada saat fitur itu diaktifkan penunggang tidak disarankan untuk melakukan pengereman darurat.

Dalam petunjuknya saat fitur canggih itu berfungsi, motor harus direm secara bertahap dengan menginjak rem secara lembut. Hal ini akan tidak langsung mengganggu fungsi sistem kontrol jelajah yang menjaga kecepatan motor tetap konstan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Wilfridus Kolo
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US