The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Untuk Pertama Kalinya, Pesawat Listrik 'Alice' Mulai Mengudara di Langit Amerika
Pesawat terbang Alice mulai mengudara. (Eviation)
Otomotif

Untuk Pertama Kalinya, Pesawat Listrik 'Alice' Mulai Mengudara di Langit Amerika

Perusahaan masih terus mengembangkan pesawatnya ini

Kamis, 29 September 2022 15:49 WIB 29 September 2022, 15:49 WIB

INDOZONE.ID - Setelah dikembangkan selama bertahun-tahun, pesawat terbang Alice all-electric garapan Eviation untuk pertama kalinya resmi mengudara, pada hari Selasa (27/9/2022).

Dilansir Geek Wire, pesawat listrik ini ditenagai oleh dua motor listrik 640 kilowatt dan mampu membawa hingga 9 penumpang dengan beban maksimal 2.500 pon.

Baca Juga: Bukannya Berhenti, Supercar Corvette C7 Ini Malah Ngacir Saat Dihampiri Mobil Polisi

Adapun landasan yang dijadikan Eviation untuk menguji coba pesawat terbang listriknya adalah Bandara Internasional Grant County di Moses Lake, sebuah fasilitas di gurun tinggi Washington Timur yang sering digunakan untuk menguji coba inovasi baru di sektor penerbangan.

Ketika pertama kali dihidupkan, suara dari mesin pesawat ini terdengar seperti pemangkas rumput listrik dan ketika pesawat terbang di atas, suaranya lebih seperti dengungan yang lembut daripada raungan.

Selama uji coba, Alice berhasil terbang selama delapan menit dan mencapai ketinggian maksimum 3.500 kaki sebelum mendarat dengan selamat di bandara Internasional Grant County.

Pilot yang menerbangkan pesawat listrik ini adalah Steve Crane. Dalam laporannya, ia menceritakan bahwa performa Alice sangat responsif dan sangat senang dengan pengujian awal ini.

“Itu luar biasa, Itu ditangani seperti yang kami duga. Sangat responsif, sangat cepat pada throttle, dan masuk untuk pendaratan yang luar biasa. Saya tidak bisa lebih bahagia.” ungkapnya.

Eviation sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Arlington, Wash. Eviation masuk ke dalam daftar perusahaan yang memiliki tujuan untuk membuat penerbangan lebih efisien dan lebih murah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi penggerak listrik dan baterai.

Baca Juga: Pria Ini Nekat Lakukan Burnout di Depan Polisi, Ujung-ujungnya Diciduk!

"Apa yang baru saja kami lakukan membuat sejarah penerbangan. Ini tentang mengubah cara kita terbang. Ini tentang menghubungkan komunitas dengan cara yang berkelanjutan, dan kami jelas berseri-seri dengan bangga pada hari cerah yang indah ini di Danau Moses.” kata Gregory Davis, presiden dan CEO Eviation.

Meski begitu, Alice masih akan terus mendapatkan pembaruan dari Eviation agar kinerjanya semakin sempurna. Nantinya, pesawat listrik ini akan memiliki tiga varian, yaitu penerbangan komuter, kargo, dan eksekutif.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US