The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Biar Nggak Kecelakaan di Jalan Tol, Yuk Ikuti Tips Aman Berkendara Ini
Tips aman berkendara saat di jalan tol. (Pixabay/Markus Spiske)
Otomotif

Biar Nggak Kecelakaan di Jalan Tol, Yuk Ikuti Tips Aman Berkendara Ini

Senin, 10 Agustus 2020 19:07 WIB 10 Agustus 2020, 19:07 WIB

INDOZONE.ID - Dalam berkendara, ada baiknya kita berhati-hati dan mengikuti protokol rambu-rambu lalu lintas yang ada. Hal ini tak lain demi keselamatan diri sendiri dan juga tak membahayakan nyawa orang lain.

Biasanya, kecelakaan terjadi akibat kelalaian pengemudi dalam berkendara. Menurut data Polri, terdapat 107.500 peristiwa kecelakaan lalu lintas pada 2019, meningkat dari 103.672 peristiwa pada 2018 lalu.

Nah, untuk menjaga diri dari risiko kecelakaan di jalan raya atau jalan tol, yuk simak beberapa tips yang sudah dirangkum INDOZONE untuk kamu.

1. Selalu Pakai Sabuk Pengaman


Sabuk pengaman atau seat belt merupakan salah satu fitur wajib yang harus digunakan, baik oleh pengemudi maupun penumpang dalam menjaga keamanan berkendara. Sabuk pengaman akan menjaga tubuh kita ketika terjadi hal berbahaya seperti rem mendadak atau kecelakaan.


Pengemudi memakai safety belt. (Istimewa)
Pengemudi memakai safety belt. (Istimewa)


2. Jangan Main Handphone Saat Menyetir


Mendengar bunyi pesan masuk dari ponsel saat menyetir tentu sangat menggoda untuk membuka dan membacanya. Apalagi jika pesan itu datang dari gebetan atau pacar, tentu kita akan cepat-cepat membukanya.

Namun satu hal untuk diketahui, bermain handphone saat berkendara sangat membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya. Jika ingin membaca pesan yang masuk ke handphone kamu, ada baiknya menepi dahulu di jalur yang disediakan.


Pengemudi bermain handphone saat berkendara. (Unsplash/melissa mjoen)
Pengemudi bermain handphone saat berkendara. (Unsplash/melissa mjoen)


3. Jaga Jarak


Saat berkendara, pastikan jarak kamu dengan kendaraan yang ada di depan tidak terlalu dekat. Salah satu cara mudah untuk mengukur jarak aman adalah dengan peraturan 3 detik. Peraturan ini sangat efektif diterapkan ketika berkendara dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam. Caranya, hitung waktu kendaraan di depan Anda melintas sebuah benda. Jarak waktu hingga Anda bisa mencapai benda tersebut harus tiga detik setelah kendaraan di depan Anda melintas. Anda bisa menggunakan pohon atau tiang listrik sebagai patokan.


Jaga jarak aman saat berkendara. (Unsplash/R.A Mendoza)
Jaga jarak aman saat berkendara. (Unsplash/R.A Mendoza)


4. Jika Ingin Menyalip, Gunakan Jalur Kanan


Jika ingin menyalip kendaraan yang ada di depan kita, pastikan menggunakan jalur sebelah kanan. Dengan menggunakan jalur kanan untuk menyalip mobil dan juga motor, yang mana sudah menjadi peraturan lalu lintas yang sudah di tetapkan dalam Undang-undang Transportasi. Hal ini bertujuan untuk mengindari yang namanya kecelakaan dan juga kemancetan.


Pengemudi yang mengebut saat berkendara. (Unsplash/Jannis Lucas)
Pengemudi yang mengebut saat berkendara. (Unsplash/Jannis Lucas)


5. Beristirahat Apabila Mengantuk


Berkendara membuat tubuh kita lelah, apalagi jika menempuh perjalanan berjam-jam. Apabila kita merasa ngantuk, maka disarankan untuk beristirahat. Hal ini bertujuan untuk mengisi kembali tenaga kita agar bisa melanjutkan perjalanan kembali jika badan sudah merasa fit.


Pengemudi yang mengantuk. (ots.ca.gov)
Pengemudi yang mengantuk. (ots.ca.gov)


6. Sering Periksa Kaca Spion


Ini merupakan salah satu hal penting saat berkendara namun cukup sering diabaikan. Salah satu fungsinya  adalah untuk melihat kendaraan lain yang ada dibelakang, berfungsi ketika kamu hendak berbelok atau ketika akan menyebrang ke persimpangan.


Kaca spion mobil. (Unsplash/@ladysaturday)
Kaca spion mobil. (Unsplash/@ladysaturday)

 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US