The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Cara Memasang Aki Mobil yang Benar, Bisa Pasang di Rumah Lho
Ilustrasi pria memasang aki (Freepik.com/Artusafronovvvv)
Otomotif

6 Cara Memasang Aki Mobil yang Benar, Bisa Pasang di Rumah Lho

Pastikan memasangnya dengan benar ya, agar tidak Konsleting

Selasa, 27 September 2022 11:31 WIB 27 September 2022, 11:31 WIB

INDOZONE.ID - Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan terlebih mobil, lantas cara memasang aki mobil yang benar pun menjadi hal yang harus diperhatikan demi kelancaran saat berkendara.

Tidak heran, fungsi utama dari aki yaitu memberikan daya listrik utama dalam memenuhi semua kebutuhan kelistrikan pada mobil. Ibarat jantung dalam tubuh yang bisa mengalirkan oksigen ke semua jaringan tubuh.

Namun, banyak orang menemukan masalah aki mobil yang sangat tekor, hal tersebut biasanya terjadi akibat Kamu jarang memanasi mobil atau juga aki yang digunakan sudah berumur dan harus di ganti.

Lantas, hal tersebut harus Kamu cek secara berkala dan harus mengerti terkait cara memasang aki yang baru pada kendaraan mobil.

Cara Memasang Aki Mobil yang Benar 

cara memasang aki yang benar
ilustrasi memasang aki (Freepik.com/Peoplecreations)

Mengganti aki sebenarnya memang tidaklah sulit, namun kebanyakan pengguna mobil kini lebih memilih memasangnya di bengkel padahal memasang aki bisa kamu lakukan sendiri dirumah lho, berikut cara memasangnya.

1. Pastikan Kondisi Mobil dalam Kondisi Mati

cara memasang aki mobil yang benar
ilustrasi mengecek mesin mobil (Freepik.com/Standret)

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu cek kondisi mobil apakah dalam keadaan menyala atau tidak, karena hal tersebut berbahaya bagi keselamatan Kamu jika menggantinya dalam keadaan menyala karena akan menyebabkan tersetrum.

2. Lepas Aki Lama Sebelum Menggantinya Dengan yang Baru

cara memasang aki mobil yang benar
ilustrasi melepas aki mobil (Freepik.com/User25919452)

Selanjutnya Kamu harus menggantinya dengan yang baru, namu kamu perlu membuka kap mobil terlebih dahulu, kemudian lepas kabel yang menempel pada kabel serta klem dan baut dibagian kutubn negatif. Lalu lanjutkan ke kutub yang positif. Tujuannya agar tidak terjadi arus pendek yang menyebabkan konsleting.

Baca Juga5 Tips Merawat Aki Mobil, Simak Yuk!

3. Letakan Aki dengan Posisi Tegak Lurus

cara memasang aki mobil yang benar
ilustrasi penempatan aki mobil (Freepik.com/Aopsan)

Setelah langkah diatas selesai, maka selanjutnya kamu perlu memperhatikan posisi aki pada mesin mobil. Untuk aki baru hendaknya kamu meletakannya dengan posisi lurus kebagian dudukannya. 

4. Pasang Kabel kutub positif dan negatif

cara memasang aki yang benar
ilustrasi pria memasang kabel aki (Freepik.com/Peoplecreations)

Langkah selanjutnya perlu kamu ingat, karena memasang kabel ini harus dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur agar menghindari konsleting. 
Namun jangan panik jika kamu melihat percikan api yang timbul, hal tersebvut wajar dan menandakan bahwa kepala aki sudah terpasang dengan sempurna.

5. Cek Kabel dan Klem 

cara memasang aki yang benar
ilustrasi pria mengecek kabel aki (Freepik.com/Peoplecreations)

Jika Sudah, Kamu perlu memastikan seluruh kabel dan klem terpasang dengan baik dan sempurna. Hindari memasangnya dengan kendor atau tidak sempurna yang akan berdampak dengan tidak menyalanya mobil.

6. Nyalakan Mesin Mobil

cara memasang aki mobil yang benar
ilustrasi menyalakan mobil (Freepik.com)

Langkah terakhir, jika sudah yakin dengan terpasangnya semua komponen aki dengan baik, langkah selanjutnya coba nyalakan mesin mobil dan menunggu hingga beberapa waktu hingga semua berjalan dengan baik.

Nah itulah ulasan cara memasang aki mobil yang benar dan mudah dilakukan sendiri dirumah. Mulai sekarang ngga perlu kebengkel lagi ya! 

Baca JugaMobil Listrik Mercedes-Benz G-Wagen Rilis 2024, Siapkan Uang Kalian!

Artikel Menarik Lainnya:






 


 

TAG
Raga Putra Wiwaha

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US