The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lotus Carlton 1991 Ini Tengah Dijual dengan Harga US$165.000, Apa Istimewanya?
Lotus Carlton 1991. (photo/Dok. Carscoops)
Otomotif

Lotus Carlton 1991 Ini Tengah Dijual dengan Harga US$165.000, Apa Istimewanya?

Minggu, 28 Maret 2021 16:06 WIB 28 Maret 2021, 16:06 WIB

INDOZONE.ID - Ketika diluncurkan, Lotus Carlton dipuji dikarenakan memiliki performa dan dinamika berkendara, tetapi tidak banyak yang bisa membelinya dikarenakan harganya yang mahal. Contohnya yang dijual di Hampshire, Inggris ini membuktikan bahwa tidak banyak yang berubah. 

Mobil ini dijual oleh Park Lane Limited dengan harga 119.995 Pounds atau setara US$165.000. Dan meskipun itu banyak, terdapat banyak alasan bagus untuk harga mobil itu. Pertama, mobil itu hadir dengan kondisi sangat baik. Mengemudi hanya sejauh 4.565 mil meskipun sudah berusia 30 tahun, sepertinjya tidak akan merasa lelah atau bahkan di dalam. 

Ini juga sangat jarang. Dikarenakan harganya hampir 2 kali lipat dari standar Vauxhall Carlton, hanya ada 320 Lotus Carltons yang dibuat. Meski penjualan dari moboil ini sangat rendah, mobil ini mendapatkan banyak pujian. Terkenal dikarenakan mampu melaju hingga 177mph atau setara 285 km/jam dan menjadikannya sedan empatp pintu tercepat pada eranya.

Tenaga dari mobil itu berasal dari mesin straight-six Vauxhall yang sepenuhnya dimodifikasi. Dilengkapi dengan mesin 3,6L dan dua turbo Garrett T25 yang menghasilkan tenaga hingga 377 hp. Tenaga tersebut disalurkan pada roda belakang dengan transmisi manual 6-percepatan ZF. Penanganan mobil dasar sudah disukai pengulas pada saat itu, tapi Lotus meningkatkan suspensi untuk stabilitas kecepatan tinggi serta dinamika penanganan yang lebih baik.

Memang, stabilitas kecepatan tinggi itu memberikannya sedikit reputasi. Carlton yang dicuri dikemudikan oleh sekelompok pencuri pada 1993 yang menggunakan mobil itu untuk melakukan pencurian domba jantan, sekitar 20.000 Poundsterling dalam minuman keras dan rokok. Polisi setempat mengeluh bahwa mereka tidak mempunyai harapan untuk mengejar kelompok pencuri itu. 

Kembali ke contoh ini, mobil dengan nomor 28 baru-baru ini diberikan komisioning ulang penuh oleh Bell dan Colville Lotus untuk persiapkan dijual. Selain kondisi yang rapi, mobil ini juga dilengkapi dengan booklet bernomor asli yang diberikan bresama dengan masing-masing model.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US