Bermotor Dengan 2 Orang Lebih Akan Dikenakan Denda
(photo/Pinterest/Jessi Osborne)
Otomotif

Bermotor Dengan 2 Orang Lebih Akan Dikenakan Denda

Rabu, 15 Januari 2020 16:12 WIB 15 Januari 2020, 16:12 WIB

INDOZONE.ID - Sepeda motor merupakan kendaraan yang hanya didesain untuk 2 orang dengan susunan 1 pengendara dan 1 penumpang. Akan tetapi, sudah tidaklah jarang menemukan pengemudi yang telah membonceng hingga 2 orang pada bagian belakang dari mobil, bahkan lebih. 

Alasannya jelas, dimana membonceng 3 orang dengan memakai motor telah melebihi kapasitas dari kendaraan roda dua tersebut. Selain itu, hal tersebut juga dapat membahayakan keselamatan dari pengendara dan penumpang. 

Bahkan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan peraturan dalam UU No 22 tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dimana, peraturan tersebut menyatakan bahwa bermotor hanya boleh diijinkan dengan berbonceng dua. 

Selain itu, pada pasal 106 dinyatakan sangat jelas bahwa sepeda motor dilarang membawa penumpang lebih dari 1 orang. Sedangkan, hukumannya dijelaskan pada pasal 292. 

Dimana, mengemudikan sepeda motor tanpa kereta samping dan mengangkut penumpang lebih dari satu orang akan dipidana kurungan selama 1 bulan dan dikenai denda sebesar Rp 250 ribu. 

Berkendara bonceng 3 tentu juga tidak nyaman bagi pengendara maupun penumpang. Hal tersebut dikarenakan keseimbangan dari motor akan terganggu dan berpotensi untuk menyebabkan kecelakaan. 

TAG
Indozone Media

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU