The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penelitian: Anjing Lebih Suka Mobil Listrik daripada Diesel, Kurangi Mabuk Perjalanan
Ilustrasi anjing di dalam mobil. (Freepik)
Otomotif

Penelitian: Anjing Lebih Suka Mobil Listrik daripada Diesel, Kurangi Mabuk Perjalanan

Anjing Lebih Suka Mobil Listrik daripada Diesel

Jumat, 02 Desember 2022 20:12 WIB 02 Desember 2022, 20:12 WIB

INDOZONE.ID - Jika ingin memanjakan anjing kamu, belilah mobil listrik. Begitu hasil peneltian terbaru.

Sejumlah ilmuan di University of Lincoln, Inggris, melakukan penelitian, dimana mereka menemukan hasil bahwa ketika harus memilih mobil, anjing lebih menyukai mobil listrik.

Kendaraan listrik tidak hanya membantu menenangkan anjing, tapi juga menghilangkan kecemasan dan memberikan kegembiraan. Selain itu mobil listrik dianggap mampu membantu mengurangi mabuk kendaraan pada hewan peliharaan.

Baca Juga: Menteri Luhut Janji Warga yang Mau Ganti Motor Listirk Dapat Subsidi Rp6,5 Juta

Para ilmuwan mengatakan perjalanan yang lebih mulus dan berkurangnya kebisingan dan getaran jalan menyebabkan penurunan detak jantung hingga 30 persen.

Dalam penelitian itu, para peneliti bekerja sama dengan CarGurus dengan melakukan tes terhadap 20 anjing.

Setiap anjing dibawa dalam dua perjalanan 10 menit, satu di mobil listrik dan satu lagi dengan mobil diesel dengan rute yang sama.

Mobil listrik di G20
Mobil listrik di G20. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Anjing yang mengikuti tes diberi istirahat satu jam di antara setiap perjalanan untuk memastikan mereka dalam keadaan tenang.

Tes menemukan anjing berbaring dalam sepertiga dari durasi perjalanan terlepas, baik menggunakan kendaraan diesel atau listrik.

"Hasil kami dengan jelas menunjukkan bahwa anjing tampak lebih santai di dalam kendaraan listrik, terutama saat melihat ciri-ciri perilaku seperti gelisah," kata Profesor Daniel Mills, profesor Kedokteran Perilaku Hewan di University of Lincoln mengutip Metro, Jumat (2/12/2022).

“Selama perjalanan di kendaraan listrik, rekaman biometrik dari anjing-anjing ini mengungkapkan detak jantung mereka melambat jauh lebih banyak daripada mereka berada di mobil diesel,” lanjutnya.

“Ini sangat menarik bagi kami mengingat peningkatan detak jantung umumnya dikaitkan dengan mabuk perjalanan. Ini hasil yang menarik,” lanjut Profesor Daniel.

Wuling Bakal Produksi Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Secara keseluruhan, mereka mengatakan hewan peliharaan mereka mengalami kegembiraan berlebihan (58%), kecemasan (48%), dan mual (44%) saat bepergian dengan mobil disel.

Namun, anjing yang berada di dalam mobil listrik merasa lebih baik (39%), lebih tenang (43%), tidak terlalu cemas (42%).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US