Liburan Akhir Tahun, Ini Jenis Mobil yang Tepat untuk Road Trip-Mu
Ilustrasi liburan. (Mitsubishi Motors)
Otomotif

Liburan Akhir Tahun, Ini Jenis Mobil yang Tepat untuk Road Trip-Mu

Yuk, agendakan liburan road trip mu tahun ini

Astrid
Kamis, 07 November 2019 10:31 WIB 07 November 2019, 10:31 WIB

INDOZONE.ID - Berlibur menggunakan mobil atau road trip saat ini menjadi pilihan yang ideal bagi warga Indonesia, khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. 

Mengingat akses infrastruktur yang sudah membentang seperti jalan tol dari Merak hingga ke timur pulau Jawa tentunya memudahkan saat road trip. Ditambah lagi jalan tol layang Jakarta-Cikampek akan dioperasikan pada akhir November 2019. Tentunya, adanya jalan tol layang baru ini dapat lebih memangkas waktu tempuh kamu dan keluarga. 

Berlibur dengan road trip ini juga bisa lebih efisien dan hemat jika anggota keluarga yang ikut cukup banyak. Selain itu, liburan dengan road trip ini dapat membuat kamu lebih mengenal karakter teman atau anggota keluarga lebih dalam.

Bagaimana tidak? Saat road trip kamu bisa berjam-jam di jalan dalam satu mobil dengan teman atau keluarga, serta bebas untuk jalan ke mana pun sesuka hati. 

Tapi wajib diingat, selama road trip, mobil yang digunakan akan menjadi rumah berjalan, sehingga perlu mempertimbangkan kenyamanan serta keamanan bagi kamu dan seluruh penumpang.

Nah, jika kamu merencanakan untuk road trip di liburan kali ini? Berikut ini jenis mobil yang paling pas untuk liburan road trip kamu. 

1. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Mobil jenis MPV atau mobil keluarga memang menjadi mobil paling laris di Indonesia. Satu hal yang pasti karena mobil ini memiliki kapasitas penumpang yang banyak sehingga dapat memuat banyak anggota keluarga. 

2. SUV (Sport Utility Vehicle)

Popularitas Mobil SUV di Indonesia sendiri saat ini sudah hampir menyamai mobil berjenis MPV. Status SUV sendiri sedari awal memang dikembangkan sebagai kendaraan untuk kepentingan road trip dan menjelajahi medan-medan yang lebih berat. 

Saat ini mobil berjenis SUV banyak digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Tentunya dengan kapasitas penumpang hingga 7 orang membuat SUV dapat menampung anggota keluarga yang lebih banyak. 

Umumnya bagian belakang mobil SUV juga terdapat bagasi yang lebih luas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan barang lebih banyak. Apalagi jika bangku paling belakang kosong, kamu bisa melipatnya guna menambah dua kali lipat tempat penyimpanan barang.

3. Crossover atau SUV kompak

Mobil berjenis SUV kompak atau lazim disebut dengan Crossover juga sedang naik daun. Mobil jenis ini menggabungkan dimensi mobil yang kompak dengan desain tangguh seperti sebuah SUV sejati. 

Mobil crossover memiliki keunggulan dari daya jelajah yang menyerupai sebuah SUV. Artinya mobil jenis ini dapat merambah ke medan jalan yang jelek atau berbatu dengan mudah. Kapasitas bagasi dari sebuah mobil crossover juga mirip dengan SUV yang dapat menampung banyak barang.

4. City Car atau Hatchback

Sesuai namanya mobil jenis city car ini memang diperuntukkan sebagai alat transportasi di dalam kota. Tapi jika kamu hanya berdua dengan pasangan, tidak ada salahnya untuk menjelajahi liburan road trip kamu dengan menggunakan city car ini.

Tentu saja ada catatan yang wajib diketahui jika kamu memutuskan road trip dengan city car. Pertama tentukan rute dengan sebaik mungkin dengan menghindari jalur-jalur yang jalanannya rusak, karena city car ini cenderung memiliki ground clearance yang rendah sehingga tidak terlalu cocok untuk di jalanan tanah atau berbatu.

Kemudian perhatikan juga daya tampung bagasi mobil. Ukuran city car yang kompak tentunya memiliki keterbatasan dalam hal bagasi, bawa barang secukupnya yang sesuai dengan dimensi bagasi city car. 

Lalu, kapasitas tangki bahan bakar yang tidak terlalu besar menuntut kamu harus cermat dalam memilih rute. Sekiranya, jalur yang kamu lewati jarang ada SPBU sebaiknya isi penuh dulu tangki BBM sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU