The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mesin Formula 1 Dicetak dengan 3D Printing, Tapi...
Tampilan pembangunan mesin F1 dengan 3D printing. (photo/Dok. Carscoops)
Otomotif

Mesin Formula 1 Dicetak dengan 3D Printing, Tapi...

Kamis, 08 April 2021 15:24 WIB 08 April 2021, 15:24 WIB

INDOZONE.ID - 3D Printing dalam aplikasi otomotif jelas untuk dilihat semua orang, tetapi masih membutuhkan teknik yang cerdas untuk mendapatkan hasil maksimal proses futuristik. Sepertinya tidak akan mengejutkan bahwa F1 yang berada di ujung tombak teknologi, pakai pencetakan 3D dalam pembuatan mesinnya. 

Tetapi, alih-alih benar-benar mencetak mesin secara 3D, desainer 3D mencetak cetakan yang akan menentukan bentuk blok mesin mereka. Ini sebenarnya bagaimana BMW membuat header untuk mesin S58 yang kekuatan X4M. Prosesnya melibatkan pembuatan cetakan pasir dan pengeras, di mana logam cair dapat dituangkan. Keuntungannya adalah dapat mendesain blok mesin dengan lebih presisi. 

Ini seperti beralih dari menggambar cetak biru dengan spidol raksasa ke menggambar dengan pensil yang tajam. Proses pencetakan 3D tak hanya mungkinkan cetakan dibuat dengan detail yang jauh lebih halus, kecepatan pembuatan cetakan berarti dapat memperbaikinya dengan cepat. 

Dengan mengubah jenis pasir dan sifat perekat dan pengeras, insinyur juga dapat mengontrol bagaimana aluminium akan mendingin dalam cetakan. Itu mungkinkan semua bagian mesin mendingin konsisten, atau secara strategis. Dan meskipun semuanya menarik dan mungkin terdengar futuristik, itu hanyalah cara terbaru dan paling maju secara teknologi untuk melakukan sesuatu yang telah dilakukan manusia untuk ribuan tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US