Keamanan Berkendara, Mobil Besar Rentan Celaka ketimbang City Car?

- Jumat, 29 Mei 2020 | 12:35 WIB
Ilustrasi uji tabrak sebuah mobil hatcback (Dok Motor1)
Ilustrasi uji tabrak sebuah mobil hatcback (Dok Motor1)

Mobil berukuran kecil seperti hatcback, city car atau sejenisnya rentan terhadap kecelakaan dengan tingkat kefatalan tinggi sampai menyebabkan kematian penumpang. Ini berbeda dengan mobil yang berukuran besar yang biasanya lebih tahan benturan dan dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Apa benar?

Diungkapkan Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS), berdasarkan data kematian dengan kendaraan yang digunakan pengemudi saat berada di jalan raya. Dalam data tahun 2017 yang tak tercantum dengan secara detail mengungkap generasi kendaraan yang sama dengan desain yang setara seperti mobil berukuran kecil menjadi yang teratas soal kefataan dalam kecelakaan.

Pihak IIHS menjelaskan konteks ini dengan sejumlah variabel seperti total jarak tempuh, lokasi kecelakaan, kecepatan hingga objek tumbukan. Dan laporan menyimpulkan bahwa mobil subkompak atau yang terdaftar sebagai mobi kecil mengalami rata-rata 108 kematian satu juta kendaraan per tahun yang terdaftar untuk 2015 hingga 2018. Ini berbeda cukup jauh dengan mobil besar yang hanya berjumlah 52 kematian.

Untuk rentan jarak, mobil subkompak juga masih ada di depan mobil besar soal korban meskipu jumlahnya lebih rendah dari jumlah kematian yang dihitung berdasarkan jumlah kendaraan. IIHS menemukan ada 78 kematian per 10 miliar mil dalam perjalanan subkompak di bandingkan mobil besar yang mencapai 36 kematian, mengutip Motor1, Jumat (29/5/2020)

Laporan itu juga mencantumkan model-model spesifik dalam temuannya, yakni Ford Fiesta jauh melampaui mobil lain dengan 141 kematian pengemudi per 1 juta unit dalam setahun kendaraan terdaftar. Di sisi lain dalam daftar itu ada juga SUV besar dan kendaraan mewah tanpa kematian, seperti model Infiniti QX60, Porsche Cayenne, dan Mercedes-Benz C Class.

Volkwagen menanggapi hasil penelitian ini dengan menyatakan tidak semuanya benar bahwa mobil yang kecil lebih rentan dengan kefatalan saat kecelakaan karena semua kembali pada pengunanya. Namun banyak pihak sepakat bahwa mobil yang lebih besar dengan sistem keselamatan aktif yang diinstal menawarkan kesempatan pada pengemudi untuk mengantisipasi kecelakaan. Dan hal ini harus menjadi alat perlengkapan standar pada mobil.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X