Fitur Bus ini Bikin Penumpang 'Santuy' Lintasi Tol Trans Sumatera
Empat dari tujuh armada baru PO. San. (PO. SAN)
Otomotif

Fitur Bus ini Bikin Penumpang 'Santuy' Lintasi Tol Trans Sumatera

Nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Minggu, 01 Desember 2019 14:30 WIB 01 Desember 2019, 14:30 WIB

INDOZONE.ID - Citra angkutan bus yang jauh dari 3K (Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan) harus diubah, jika ingin bus dijadikan oleh masyarakat sebagai moda transportasi pilihan. Terlebih, pemerintah juga gencar melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung transportasi.

Untuk itu, penting bagi Perusahaan Otobus (PO) untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas armada busnya, agar penumpang percaya dan merasa nyaman untuk bepergian jarak jauh dengan menggunakan bus.

Tengok saja seperti yang dilakukan oleh PO. SAN (Siliwangi Antar Nusa). PO yang melayani penumpang tujuan Sumatera ini, membeli tujuh unit bus baru keluaran Mercedes Benz, untuk memaksimalkan infrastruktur Tol Trans Sumatera, sambil memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. 

Tujuh unit bus baru yang dibeli terdiri dari, empat unit Mercedes Benz OC 500RF 2542 dan tiga unit Mercedes Benz O500RS 1836. Pengerjaan bodi ketujuh bus ini dilakukan oleh karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah, satu-satunya karoseri di Indonesia yang sudah lulus uji ECE R66 Rolling Test. 

po bus, po san, bus eksekutif, tol transumatera
(PO. SAN)

“Jadi untuk mesin dan sasis kami menggunakan Mercedes Benz, karoseri menggunakan Laksana dan untuk AC kita menggunakan Thermo King. Kami inginkan yang terbaik bagi masyarakat, sehingga kami tidak segan untuk berinvestasi sebesar Rp 15 miliar untuk ketujuh bus ini,” kata Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera Kurnia Lesani Adnan, di Bengkulu, Minggu (1/12).

Penggunaan bus mewah terbaik untuk antar Pulau Sumatera dan Jawa via Tol Trans Sumatera ini, bukan yang pertama dilakukan. Sebelumnya, PO. SAN juga sudah menggunakan bus dengan sasis premium, Engine Horse Power dan torsi besar, juga dilengkapi dengan fitur air suspensi, brake retarder, ABS, EBS, ESP, cruise control, transmisi automatic serta fitur-fitur yang melekat pada bus mewah.

"Saat ini PO. SAN memiliki 120 unit bus, dimana sebanyak 29 bus diantaranya adalah bus premium, mulai dari Scania K310ib, Scania K360ib Comfort Shift & Opticruise, Scania K410ib, Mercedes-Benz O 500 RS-1836 (2-axle) dan Mercedes-Benz OC 500 RF-2542 (3-axle). Kami akan terus bertransformasi mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
Sigit Nugroho
fauzi

Fauzi

Editor
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU