Pihak Kawasaki Ingin Memakai Motor WSBK di MotoGP, Tetapi Ditolak
Pembalap Andalan Kawasaki, Jonathan Rea yang Menjajal Motor Balap Superbike Kawasaki. (Instagram/@jonathan_rea)
Otomotif

Pihak Kawasaki Ingin Memakai Motor WSBK di MotoGP, Tetapi Ditolak

Rabu, 19 Februari 2020 19:00 WIB 19 Februari 2020, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini sudah tidak terdapat lowongan bagi pabrikan atau tim baru untuk bersaing di ajang MotoGP. Bahkan, pada tahun 2021, Dorna Sports berencana membuka pendaftaran untuk pabrikan baru yang ingin bersaing di MotoGP. 

Hal ini pun membuat pihak Kawasaki untuk kembali bersaing di MotoGP dengan modal kesuksesan yang didapatkan di ajang World Superbike (WSBK). Akan tetapi, tim Kawasaki tidak ingin langsung menjadi kontestan penuh di MotoGP. 

Kabarnya, Kawasaki meminta jatah kepada Dorna Sports untuk tampil sebagai wildcard terlebih dahulu. Selain itu, Kawasaki sendiri ingin memakai motor superbike-nya, ZX-10RR yang sudah disesuaikan untuk digunakan di ajang MotoGP. Bahkan, Kawasaki akan memakai jasa dari Jonathan Rea untuk dijadikan sebagai pembalap wildcard. 

Akan tetapi, hal tersebut langsung ditolak oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata. 

"Kuberi tahu, baru-baru ini Kawasaki memintaku untuk memberi wildcard dengan motor Superbike-nya. Aku bilang tidak, karena wildcard hanya untuk kontestan MotoGP," ujar Carmelo Ezpelata. 

Bahkan, Carmelo juga mengatakan dan menegaskan pabrikan Kawasaki jika ingin bersaing di MotoGP akan menjadil hal yang sulit. Akan tetapi, Kawasaki mempunyai peluang untuk bersaing di MotoGP, akan tetapi dengan menggandeng salah satu tim yang sudah bergabung di ajang MotoGP, seperti halnya dilakukan oleh pabrikan Aprilia. 

"Untuk 2022, Aprilia meminta posisi pabrikan, yang tidak pernah mereka minta sebelumnya, dan akan ada 6 tim pabrikan dan begitu juga dengan tim satelitnya," lanjut Ezpeleta. 

"Jadi, jika aku bisa mencontohkan, Kawasaki hanya bisa masuk jika menjalin kesepakatan dengan salah satu tim privateer," lanjut Ezepeleta. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Fernando Sutanto
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU