The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Penjelasan Mid-Engine Car atau Mobil Bermesin Tengah yang #KAMUHARUSTAU!
Ilustrasi mobil bermesin tengah atau mid-engine car. (Ilustrasi/jdpower.com)
Otomotif

Berikut Penjelasan Mid-Engine Car atau Mobil Bermesin Tengah yang #KAMUHARUSTAU!

Senin, 25 Mei 2020 15:00 WIB 25 Mei 2020, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan posisi peletakkan, mesin mobil mempunyai variasi antara lain penggunaan mesin depan, tengah, dan belakang. Namun, konfigurasi yang jarang dipakai adalah mesin tengah. 

Posisi mesin seperti ini pada umumnya digunakan untuk mobil-mobil berkelas wahid dengan performa impresif. Menurut pihak American Driver dan Traffic Safety Education Association (ADTSEA), alasan pertama akan penggunaan mesin tengah adalah dikarenakan memiliki rasio bobot yang mendekati 50:50.

Dengan kata lain, distribusi bobot ke bagian depan dan belakang berimbang atau rata. Alasan kedua adalah pusat gravitasi kendaraan yang menjadi imbang atau balance. Hal ini pun membuat handling menjadi stabil.

Sebagai pembanding, mobil bermesin depan diklaim memiliki rasio 50:60 sehingga cenderung lebih berat sebelah. Ketika mobil berakselerasi, bobot akan serasa ditarik ke belakang. 

Namun, dengan penggunaan mesin tengah, tentu saja dapat meningkatkan cengkeraman roda belakang serta maksimalkan torsi dari mobil. Lalu, penggunaan mesin tengah juga lebih mudah disesuaikan untuk kepentingan aerodinamika sehingga membuat mobil menjadi lebih efisien. 

Akan tetapi, sistem konfigurasi mesin tengah diklaim sulit untuk dikerjakan dan umumnya membutukan biaya yang mahal. Oleh karena itu, mesin tengah atau dikenal dengan mid-engine car banyak ditemukan pada mobil-mobil sport dan super.

Jadi, gimana guys sekarang sudah mengerti kan? Berikut penjelasan mid-engine car atau pengunaan mesin tengah yang #KAMUHARUSTAU

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US