Tahun Depan, California Stop Beli Mobil Dari Pabrikan Ini
Ilustrasi suasana di pabrik perakitan milik General Motors (GM). (Reuters/Harrison McClary)
Otomotif

Tahun Depan, California Stop Beli Mobil Dari Pabrikan Ini

Perang privasi penentuan standar emisi.

Selasa, 19 November 2019 10:40 WIB 19 November 2019, 10:40 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Negara Bagian California, Amerika Serikat mulai Januari 2020 menghentikan pembelian kendaraan operasional baru lansiran General Motors (GM), Toyota, Fiat Chrysler dan pabrikan otomotif lainnya yang mendukung kebijakan Presiden Donald Trump, terkait pencabutan privasi pengaturan emisi knalpot mobil dan pengurangan emisi.

September 2018 lalu, Presiden Donald Trump memutuskan untuk melonggarkan pembatasan emisi, serta mencabut hak California dalam menentukan kadar emisinya sendiri. Langkah ini ditentang California dan 22 negara bagian lainnya yang diumumkan secara resmi Jumat (15/11).

Juru Bicara GM Jeannine Ginivan, Senin (18/11) mengungkapkan, pihaknya menyayangkan keputusan California untuk menghentikan pembelian mobil dari pabrikan tertentu, guna meminimalkan jejak karbon kendaraan bermotor.

"Menghapus kendaraan seperti Chevy Bolt, serta melarang GM dan produsen lain dari pertimbangan, akan mengurangi pilihan California untuk kendaraan listrik buatan Amerika yang terjangkau," ujarnya seperti dilansir Reuters, Selasa (19/11).

california, genera motors, gm, pabrik mobil
(Reuters/Harrison McClary)

Bulan lalu, General Motors, Toyota, Fiat Chrysler dan asosisasi perdagangan Global Automakers, mendukung kebijakan Pemerintahan Presiden Trump, untuk menghalangi California menetapkan standar emisi sendiri yang lebih tinggi dari standar yang ditetapkan pemerintah.

Keputusan ini menjadi berkah bagi pabrikan otomotif yang mengikuti standar emisi otoritas California, seperti Ford, Honda, BMW dan Volkswagen. Mulai Januari mendatang, California hanya akan membeli kendaraan operasional dari pabrikan-pabrikan tersebut.

"Pabrikan otomotif yang memilih untuk berada di sisi sejarah yang salah, akan kehilangan daya belinya di California," ujar Gubernur Negara Bagian California Gavin Newsom beberapa waktu lalu.

general motors, chevrolet, GM
(Reuters/Harrison McClary)

Untuk diketahui, sepanjang 2016-2018, nilai belanja mobil California mencapai US$58,6 juta dari GM, US$55,8 dari Fiat Chrysler, US$10,6 juta dari Toyota dan US$9 juta dari Nissan. Sementara untuk periode yang sama, nilai belanja mobil California mencapai US$69,2 juta dari Ford, US$565 ribu dari Honda dan tidak ada dari pabrikan Jerman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Fauzi Iyabu
fauzi

Fauzi

Writer
Fauzi Iyabu

Fauzi Iyabu

Reporter
JOIN US