The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

VIDEO: Melihat BMW Z1 Ketika Digeber di Jalanan!
BMW Z1. (photo/Dok. Carscoops)
Otomotif

VIDEO: Melihat BMW Z1 Ketika Digeber di Jalanan!

Senin, 17 Mei 2021 14:25 WIB 17 Mei 2021, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Terdapat mobil dengan pintu gunting, kupu-kupu, dan gullwing, lalu ada BMW Z1. Jauh di depan waktunya dalam beberapa hal, sedikit ketinggalan zaman dalam hal lain. Seperti yang ditunjukkan Jack Rix dari Top Gear, pasar barang bekas merasa cukup nyaman dengan keanehan ini. 

Dikarenakan, BMW hanya pernah membuat 8.000 unit, sulit untuk dapatkan satu unit contoh yang bagus dijual dengan harga sekitar 40.000 hingga 50.000 Poundsterling. Untuk jantung pacunya, mobil ini menggunakan mesin 2,5L straight-six yang hasilkan tenaga 170 hp dan torsi 168 lb-ft. Itu bukan jumlah yang besar, tetapi mesin dan transmisi manual 5 kecepatan memang berasal dari E30 325i. 

Dengan bobot 1.250 kg, beratnya untuk roadster dua kursi dari akhir tahun 80-an. Antara bobot, persneling panjang, dna mesin dengan 6.500 RPM, kinerjanya tidak terlalu menyenangkan. Seperti yang dikatakan Rix, " itu bisa dilakukan dengan sedikit daging babi, dan sedikit lebih banyak poke."

Di sisi lain, pintu melayani tujuannya. Garis resmi BMW mengenai konstruksi mereka yang tidak biasa, dimana kemiringan vertikel ke kusen (tinggi), adalah bahwa mereka ingin pengemudi merasa lebih menyatu dengan jalan raya. Dan itu berhasil, dimana Rix berkata bahwa dengan pintu terbuka, "50 mph terasa lebih seperti 80 dengan semua jalan yang melintas."

Pintu bukan menjadi satu-satunya ciri aneh dari mobil. Tubuh BMW Z1 ini juga dibuat dari termoplastik Xenoy yang dapat menekuk dan berubah bentuk dan kembali ke tempatnya. Selain itu, semua panel bodi bisa dilepas. 

Abaikan fakta bahwa Pontiac Fiero juga bisa melakukan itu, dan miliki prospek yang menarik untuk pembeli bekas. Panel bodi plastik berarti tidak adanya perbaikan karat pada bodywork, dan bahkan jika panel rusak, dapat ditukarkan saja. 

Sebagai mobil konsep yang diproduksi, Z1 adalah keanehan yang dapat memberikan sensasi berkat pintunya yang unik, percakapan berkat desainnya, dan mungkin untung berkat kelangkaannya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US