Biar Enak Lihat-lihat Jalanan, Jaga Kaca Mobil agar Selalu Mengkilap
Ilustrasi (Unsplash.com/Erik Mclean)
Otomotif

Biar Enak Lihat-lihat Jalanan, Jaga Kaca Mobil agar Selalu Mengkilap

Perlu cara khusus

Rabu, 19 Februari 2020 19:18 WIB 19 Februari 2020, 19:18 WIB

INDOZONE.ID - Kaca mobil yang tidak terawat, biasanya jadi terlihat buram. Tentunya itu sangat mengganggu pengemudi saat berkendara. Bahkan, penumpang juga merasa terganggu saat ingin menikmati pemandangan atau suasana luar dari dalam mobil.

Tak hanya buram, saat kondisi kaca mobil tidak terawat, juga sering timbul bintik  berupa jamur. Sehingga terlihat semakin kusam.

Apabila kondisi kaca mobil sudah seburuk itu, maka cara membersihkan biasa tidak akan membuat kaca mengkilap seperti semula. Jamur dan noda sulit dibersihkan. Belum lagi jika ditambah terpapar hujan dan sinar matahari terus menerus.

Untuk itu, diperlukan perawatan khusus agar kaca mobil selalu bening dan mengkilap. Apa saja itu?

kaca mobil
Ilustrasi (Unsplash.com/Marcelo Cidrack)

Business Development Manager Scuto Indonesia, Raymundus Arief mengatakan, untuk perawatan kaca mobil biasanya tak cukup dengan membasuhnya dengan air lalu menggunakan lap untuk mengeringkan, apalagi bila sudah terkena jamur.

"Kalau kaca mobil yang sudah ada titik-titik jamur. Biasanya dibersihkan dengan glass coating. Itu cukup ampuh untuk membersihkan noda dan jamur pada kaca seperti bercak noda akibat getah pohon, cirit  burung atau lainnya. Jadi nanti dibersihkan dulu dengan treatment khusus. Kalau kaca sudah bersih kasih glass coating. Jadi pori-pori kaca ditutup sehingga kaca tetap terjaga," kata Arief pada Indozone di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Lapisan glass coating pada kaca mobil itu membuat air yang hujan atau debuh tak langsung menempel pada kaca sehingga kaca tidak tetap bersih dan mudah dibersihkan. Aplikasi glass coating juga membantu pembersih kaca seperti wiper bekerja lebih enteng saat mengusap air atau kotoran pada kaca.

"Jadi simpelnya, kalau pakai  glass coating itu, misalkan di tol kita lari 80 sampai 100 km per jam, di tol dsn mobil terkena air maka airnya akan tersapu ke atas. Jadi wiper lebih awet karena kerjanya lebih enteng, terus lebih mudah merawat kaca," ujarnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Vessy Dwi
Wilfridus Kolo

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU