The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pengisian Nitrogen 4.0 Tanpa Operator Resmi Ada di Indonesia
Ilustrasi pengisian nitrogen pada ban motor di gerai My Nitro. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Otomotif

Pengisian Nitrogen 4.0 Tanpa Operator Resmi Ada di Indonesia

Self-service.

Minggu, 26 Juli 2020 14:39 WIB 26 Juli 2020, 14:39 WIB

INDOZONE.ID - Start up penyedia nitrogen murni untuk kendaraan My Nitro, resmi meluncurkan alat pengisian nitrogen 4.0 yang ramah lingkungan untuk Indonesia, di area Alfamidi, Limo, Cinere, Jakarta Selatan, Sabtu (25/7/2020). Mesin yang modern layaknya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ini digunakan secara self-service dan cashless dengan menggunakan uang elektronik.

Keunggulan My Nitro adalah menyediakan nitrogen murni dengan skala 99,99% dari Samator, sebuah perusahaan Gas Nasional sehingga akan membuat ban kendaraan lebih enteng, tidak mudah kempes sehingga efisien untuk konsumsi bahan bakar.

"Nitrogen memiliki titik didih yang tinggi dibandingkan dengan udara, sehingga meminimalisir terjadinya ban meledak akibat cuaca yang panas. Molekul nitrogen lebih ringan dan lebih besar dari pada udara, sehingga kendaraan akan lebih ringan dan hemat bahan bakar juga tidak mudah kempes," kata CEO My Nitro, Muchlis di Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ban kendaraan yang menggunakan nitrogen akan memberikan kenyamanan berbeda, dari kebiasaan masyarakat selama ini yang menggunakan angin biasa yang mengandung H2O dan O2 yang tinggi, juga nitrogen yan dihisap dari udara bebas yang masih mengandung materi tersebut.

"Penggunaan nitrogen murni yang tidak sangat nyaman, karena tidak menyebabkan karet ban korosif, sehingga membuat ban lebih awet dan memiliki tekanan yang stabil. Intinya penggunaan nitrogen murni akan membuat kenyamanan dan meningkatkan keselamatan berkendara," tuturnya.

Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk. Rachmat Harsono mengapresiasi My Nitro karena memiliki ide inovatif telah menjadi pioner untuk mengembangkan pengisian nitrogen khususnya di sektor otomotif tanpa awak dan touchless.

"Ini suatu inovasi yang luar biasa dan Indonesia bangga dan Indonesia bisa mempunya inovasi seperti ini dan mungkin ini salah satu yang ada di Indonesia atau mungkin salah satu yang memulai di Asia Tenggara,' ujarnya

Sebagai pemain baru dengan ide inovatif, My Nitro sementara menggalang dukungan investor untuk pengembangan bisnis pengisian nitrogen digital ini untuk mengekspansi pasar lebih luas. Saat ini mereka memiliki 13 gerai futuristik yang tersebar di wilayah Jawa dan Sumatera, seperti di Lampung, Banten juga Serang.

Karena habit masyarakat yang belum terbiasa dengan sistem self-service untuk awalan, nantinya My Nitro masih menyediakan operator untuk membantu pengisian My Nitro di tempat pengisiannya.

"Masalahnya di habit orang Indonesia ini belum terbiasa dengan self-service, sehingga untuk awalan nantinya masih semi. Artinya kami masih akan sediakan operator untuk ngajarin, terus bisa bantu customer saat bannya bocor. Karena kalau sudah self-service, nanti tidak ada tambal ban. Tambal ban kita kasih buat teman-teman yang ada di pinggir jalan," ujarnya.

My Nitro saat ini bekerjasama dengan Shopeepay dengan cashback hingga 30%, sehingga menguntungkan konsumen.Untuk mesin inflator pengatur tekanan udaranya menggunakan Produk Airtec Asia. Pengadaannya disupport oleh PT Hanindo Automotive sebagai mitranya.

My Nitro rencananya akan menambah 1.000 gerai di Indonesia untuk menjangkau berbagai daerah. Mereka juga membuka skema bisnis franchise untuk semua pihak yang ingin menjadi bagian pengembangannya. Saat ini mereka akan memaksimalkan partnershipnya dengan Alfamart yang menyediakan areanya untuk gerai My Nitro.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Wilfridus Kolo

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US