Kiat Khusus Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter
Ilustrasi mobil yang tidak bisa di starter. (Pexels/Craig Adderley)
Otomotif

Kiat Khusus Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Semoga bermanfaat guys.

Astrid
Minggu, 22 September 2019 09:28 WIB 22 September 2019, 09:28 WIB

INDOZONE.ID - Pernah mengalami mobil tidak mau distarter atau mogok? Jangan khawatir sebab hal ini memang merupakan salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada sebuah kendaraan roda empat. Ketika situasi ini terjadi, maka kamu tidak perlu panik.

Kamu hanya perlu mengetahui karakteristik mobil kamu. Selain itu kamu juga harus mengerti seperti apa mobil itu secara umum, mulai dari perawatan, kendala, hingga solusinya. Tidak semua permasalahan dan kendala pada mobil harus dibawa ke bengkel.

Berikut ini penyebab mobil tidak bisa distarter:

1. Dinamo Starter

Fungsi dari dinamo starter adalah menghidupkan serta menjalankan perputaran roda angin/roda gila yang terdapat pada mesin untuk pertama kali. Arus aki ditarik oleh dinamo starter ini.
 
Pada kasus dinamo yang bermasalah, terdapat arus yang ditarik terlalu tinggi dibandingkan dengan tarikan normal biasanya. Tarikan arus yang terlalu tinggi ini mengakibatkan aki bekerja terlalu keras. Sehingga, jika dibiarkan kerusakan internal aki tidak dapat dihindari.

2. Alternator (atau Dinamo Ces)

Pada dasarnya, alternator mempuyai 2 fungsi, yaitu sebagai pengisi ulang daya atau charger aki, dan juga sebagai sumber listrik untuk mengoperasikan kelistrikan pada kendaraan bermotor (terutama pada AC, lampu, TV, GPS, atau audio system).

3. Regulator atau Kiprok

Kegunaan regulator atau kiprok untuk mengatur dan membatasi aliran-aliran listrik yang masuk melalui alternator dan dilanjutkan ke aki. Jika regulator rusak, tegangan yang masuk kedalam aki bisa sampai diatas 15V dan mengakibatkan overcharging.
 
Jika sampai overcharging, suhu aki naik, air didalam aki mendidih dan menguap, sehingga sel-sel aki menjadi kering. Aki yang kering bisa menyebabkan arus pendek dan bisa mengakibatkan kerusakan pada aki.

4. V-belt/Tali Kipas/Timing-belt

Aliran listrik yang dihasilkan alternator listrik yang tidak memenuhi kebutuhan aki dan mesin bisa menjadi penyebab utama kerusakan. Tali penghubung atau penarik alternator yang telah aus menghambat perputaran pada dinamo.

5. Sekring

Putusnya sekring, atau rusaknya sekring, seringkali menjadi penyebab utama tidak berfungsinya aki atau dinamo starter.

Berikut ini cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang dapat dilakukan sendiri.

  • Melakukan jumper aki (atau mengganti aki). Jika pada mobil matic, baterai yang habis dijumper (atau diganti) sedangkan pada mobil yang dengan kopling manual atau bertransmisi, bisa dilakukan dengan mendorong mobil sampai mesin mobil bisa hidup lagi.
  • Mengganti aki jika aki sudah rusak.
  • Jika security system menjadi penghalang mobil sehingga tidak bisa distarter, maka mengganti baterai remote yang lemah atau habis dengan yang baru merupakan satu-satunya solisi. Atau, jika kamu ingin tanpa mengganti baterai, kamu bisa membaca manual book yang terletak di dashboard mobil kamu. Biasanya disitu sudah tertulis lengkap.
  • Gantilah soket yang sekiranya sudah kotor dan berkarat secara rutin, dengan tujuan agar aliran listrik yang mengalir lancar.
  • Mengganti rumah kunci starter dengan yang baru jika rumah starter yang lama terlihat sudah aus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE