The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sirkuit Mandalika Dilarang Kibarkan Bendera Indonesia  di MotoGP dan WSBK, Kenapa?
Sirkuit Mandalika dilihat dari atas langit (photo/Instagram/@themandalikagp)
Otomotif

Sirkuit Mandalika Dilarang Kibarkan Bendera Indonesia di MotoGP dan WSBK, Kenapa?

Selasa, 19 Oktober 2021 10:06 WIB 19 Oktober 2021, 10:06 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah dari ajang balap bergengsi seperti WSBK dan MotoGP di tahun 2022 mendatang yang akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika yang sudah hampir selesai.

Namun tampaknya kita tidak akan melihat bendera Merah Putih berkibar di kedua ajang tersebut sama sekali. Pasalnya Badan Antidoping Dunia (WADA) telah melarang Sirkuit Mandalika untuk mengibarkan bendera Merah Putih di ajang WSBK dan MotoGP.

"Terkait dengan bendera, konsekuensinya adalah pembatasan pengibaran bendera di venue, arena, atau stadion untuk event berskala regional, continental, atau bahkan kejuaraan dunia," ucap pihak WADA dikutip dari Crash.

Larangan tersebut diterapkan kepada Indonesia karena saat ini Indonesia sedang dikenakan sanksi dari WADA sebab tidak patuh dalam penerapan standar antidoping dengan tidak mengirim sampel tes doping di tahun 2020 dan 2021.

Sebenarnya sanksi ini juga bisa membuat ajang WSBK dan MotoGP batal digelar. Tetapi karena kedua ajang tersebut sudah ditetapkan sebelum sanksi diterapkan, ajang tersebut masih bisa digelar.

Dampak dari sanksi tersebut sudah bisa kita lihat dari ajang bulu tangkis Thomas Cup dimana saat tim dari Indonesia menjuarai turnamen tersebut, bendara Merah Putih sama sekali tidak muncul karena digantikan oleh bendera dengan lambang PB PBSI.

Namun nantinya lagu Indonesia Raya masih dapat dikumandangkan baik di ajang WSBK dan MotoGP 2022. Bagaimana menurut kalian tentang hal ini?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US