The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pendapat Bos Ducati Jika MotoGP Beralih ke Motor Listrik
Manajer Umum Ducati Corse, Luigi Dall'Igna. (Ducati Motor Holding SpA)
Otomotif

Pendapat Bos Ducati Jika MotoGP Beralih ke Motor Listrik

Rabu, 12 Januari 2022 17:35 WIB 12 Januari 2022, 17:35 WIB

INDOZONE.ID - Manajer Umum Ducati Corse, Luigi Dall'Igna mengaku sulit membayangkan jika di masa mendatang MotoGP beralih ke motor listrik. Pria yang akrab disapa Gigi itu mengatakan, saat ini motor konvensional bermesin pembakaran dalam jauh lebih unggul ketimbang motor listrik.

Ajang balapan dengan konsep ramah lingkungan sedang digalakkan. Sebut saja ada balap motor listrik, MotoE, yang menjadi pendukung balap GrandPrix (Moto3, Moto2, MotoGP). Balap MotoE digelar sejak 2019 lalu.


Baca Juga: Alasan Stoner Pensiun Dini dari MotoGP: Stres dan Terlalu Lelah


Di kategori kendaraan roda empat, ada balap mobil listrik ABB FIA Formula E World Championship yang sudah digelar sejak tahun 2014. Bahkan Ibu Kota DKI Jakarta akan jadi tuan rumah Formula E di pertengahan tahun ini.

Meski balapan kendaraan listrik sudah digelar beberapa tahun, masih tetap kalah pamor dengan balap motor sekelas GrandPrix.

"Saat ini sepeda motor listrik masih memiliki banyak keterbatasan karena bobot baterai dan ruang yang ditempati. Dengan teknologi sekarang, sulit untuk membuat motor listrik yang bagus. Seperti yang saya katakan, sulit memprediksi seperti apa (kompetisi balap) motor masa depan. Oleh karena itu, hal terbaik untuk dilakukan pada saat ini adalah mempelajari semua opsi yang memungkinkan," kata Gigi dikutip dari Motosan, Rabu (12/1/2022).

Gigi menambahkan, ketimbang menyiapkan motor listrik untuk balapan di level tertinggi, akan lebih masuk akal jika menciptakan motor MotoGP yang ada saat ini menjadi lebih ramah lingkungan.

"Saya pikir kami harus melakukan sesuatu dan mengembangkan motor lebih banyak. Kami tidak dapat melanjutkan pengembangan dengan teknologi yang sama, mengingat masalah lingkungan. Tapi saya tidak bisa mengatakan seperti apa MotoGP dalam waktu lima tahun. Perubahan harus signifikan, bukan hanya simbolis. Kita harus melakukan sesuatu untuk lingkungan . Dan saya sudah punya ide, tapi saya masih belum bisa menjelaskannya. Kami harus berbicara dengan semua produsen terlebih dahulu," tukas Gigi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Victor Median
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US