The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mungkinkah Wuling Buat Mobil Listrik Murah di Segmen SUV? Ini Jawabannya!
Wuling Air ev. (Wuling Official)
Otomotif

Mungkinkah Wuling Buat Mobil Listrik Murah di Segmen SUV? Ini Jawabannya!

Wuling adalah salah satu produsen mobil yang kerap merilis EV

Kamis, 22 September 2022 10:24 WIB 22 September 2022, 10:24 WIB

INDOZONE.ID - Perusahaan otomotif Wuling Motors Indonesia memberikan jawaban mengenai kemungkinan merilis kendaraan listrik (EV) di segmen SUV dan LMPV dengan harga yang ramah di kantong.

Perlu kamu ketahui, berdasarkan data dari Gaikindo, mobil segmen SUV dan mobil keluarga masih menjadi jagoan di pasar otomotif nasional, terutama mobil dengan harga di bawah Rp300 juta.

Baca Juga: Ingin Kurangi Pencemaran di Laut, BMW akan Buat Mobil yang Terbuat dari Jaring Ikan!

"Semoga ke depannya bisa (memproduksi EV dengan model yang lebih besar dan harga miring). Kita arahnya juga ingin ke sana. Semakin banyak teknologi yang diadopsi, mendapat sambutan bagus, dan market-nya tumbuh, harga dasar teknologi pasti akan mengikuti," kata Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, dilansir dari Antara.

Mobil EV murah
Wuling Air ev. (Wuling Official)

Menurut laporan dari Finance Buzz, salah satu faktor yang menyebabkan pabrikan kesulitan untuk membuat kendaraan listrik murah adalah baterai.

EV sendiri berjalan dengan baterai lithium-ion, yang jauh lebih mahal dalam bahan dan pembuatan daripada baterai untuk mobil biasa dan kendaraan hibrida.

Laporan tersebut mengatakan, meski biaya baterai lithium telah turun drastis selama 12 tahun terakhir sejak Nissan Leaf dan Chevrolet Volt diperkenalkan, namun, harganya masih relatif mahal dibandingkan baterai lain.

Baca Juga: Motor Terbang Mirip di Film Star Wars Meluncur Tahun Depan, Harganya Rp11 Miliar

Untuk saat ini, Wuling telah memiliki EV yang diberi nama Air ev dan tersedia dalam dua varian. Varian pertama adalah Air ev Standard Range yang menawarkan jarak tempuh hingga 200 kilometer, kapasitas baterai 14,3 kWH dengan waktu pengisian daya 8,5 jam dengan daya 2.0 kW. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp238 juta.

Varian kedua, yaitu Air ev Long Rane yang diklaim mampu menempuh jarak lebih jauh, yakni hingga 300 kilometer, kapasitas baterai 26,7 kWH dengan durasi pengisian daya 4 jam dengan daya 6,6 kW. EV ini bisa kamu tebus dengan merogoh kantong sebesar Rp295 juta.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Bagas Aulia Ananto
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US