The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Masih Utang Rp90,7 Miliar, PSI: Pj Gubernur DKI Tak Usah Lanjutkan Program Gelap Formula E
Ajang balap Formula E di Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Otomotif

Masih Utang Rp90,7 Miliar, PSI: Pj Gubernur DKI Tak Usah Lanjutkan Program Gelap Formula E

Senin, 20 Juni 2022 16:30 WIB 20 Juni 2022, 16:30 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo menyoroti berbagai macam ketidakjelasan dari penyelenggaraan Formula E. Terbaru diketahui, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) masih harus membayar Rp90,7 miliar untuk commitment fee. 

Pembayaran commitment fee yang masih tersisa Rp90,7 miliar tersebut pun baru diungkapkan dalam laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Pemprov DKI tahun 2021. 

Padahal, kepada DPRD DKI, PT Jakpro sempat menyatakan hasil renegosiasi terakhir dengan Formula E Operation (FEO), pembayaran commitment fee untuk tiga tahun adalah sebesar Rp560 miliar.

Baca Juga: BPK Ungkap Fakta Terbaru Formula E: Pemprov DKI Ternyata Masih Utang Rp90 Miliar

"Ada rekam jejak digitalnya PT Jakpro pernah menyatakan commitment fee untuk tiga tahun adalah Rp560 miliar, sekarang faktanya harus bayar Rp90,7 miliar lagi. Belum tentu Jakpro bisa bayar karena tahun 2019 dan 2020 rugi," ucapnya, Senin (20/6/2022). 

Selain itu, Anggara juga menyebutkan, revisi studi kelayakan hingga saat ini belum diberikan ke DPRD DKI. Padahal hal tersebut sudah diminta sejak tahun lalu, dan dalam laporan pemeriksaan BPK, dokumen itu sudah ada. 

Kemudian, pria yang akrab disapa Ara ini juga menyinggung mengenai pembangunan sirkuit, jumlah penonto yang kerap berubah-ubah. Dikarenakan banyak ketidakjelasan itu, ia meminta Pj Gubernur DKI nantinya tak melanjutkan program Formula E. 

"Berbagai ketidakjelasan ini yang menurut saya akan beresiko bagi Pj Gubernur DKI nanti kalau tetap melanjutkan Formula E. Bisa-bisa terjebak dengan gelapnya program Formula E," tutup Ara. 

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam laporan BPK, Jakpro harus membayar commitment fee sebesar 36 poundsterling atau sekitar Rp653 miliar untuk tiga tahun penyelenggaraan Formula E. 

Hingga kini, Jakpro baru membayar 31 poundsterling atau setara Rp560 miliar. Dan tersisa sebanyak 5 juta poundsterling atau senilai Rp90,7 milar untuk commitment fee Formula E.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Victor Median
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US