The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lampu AHO Lebih Awet dan Nggak Ganggu Aki
Lampu AHO lebih awet dan nggak ganggu aki motor (Ilustrasi/Youtube/Kawasaki Motor)
Otomotif

Lampu AHO Lebih Awet dan Nggak Ganggu Aki

Apalagi yang pakai LED.

Kamis, 16 Januari 2020 18:13 WIB 16 Januari 2020, 18:13 WIB

INDOZONE.ID - Seiring dengan perkembangan teknologi, motor terbaru saat ini sudah dilengkapi lampu Automatic Headlamp On (AHO). Lampu AHO sendiri sebenarnya merupakan lampu otomatis pada motor yang sudah melalui pengembangan teknologi, sehingga mampu bertahan lama dalam pemakaiannya. 

Pemilik bengkel Asia Jaya Motor Wira Santosa menuturkan, lampu AHO sebenarnya awet-awet saja dan tidak perlu penanganan khusus pada aki dan lampu itu sendiri, karena memiliki usia pakai yang cukup panjang.

Menurutnya, hampir semua lampu punya usia yang lumayan panjang. Misalnya lampu bohlam usianya bisa mencapai 300 jam sampai 350 jam, lampu HID bisa tiga ribuan jam dan LED spesifikasinya bisa mencapai 30 ribu jam.

"Kalau secara usia pakai lampu itu relatif awet. Apalagi sekarang umumnya motor pakai AHO dengan HID. HID itu masa pakainya tiga ribuan jam bisa pakai selama lima tahun, kalau hanya dipakai hanya dua jam sehari, misalnya pada siang. Kalau pakai siang malam hitungnlah pakai selama 2,5 tahun, kan sangat awet," terang Wira pada Indozone, Kamis (16/1/2020)

Ia menjelaskan lampu AHO mungkin ada yang menggunakan bohlam, HID atau LED. Biasanya motor-motor lama masih menggunakan bohlam dan memang agak boros. Tetapi usia pemakaiannya juga lumayan panjang sekitar tiga ratus jam, mungkin lampu ini cukup boros tapi masih tetap awet cukup lama.

Soal pengaruhnya pada aki juga sangat minim, apalagi saat ini umumnya motor menggunakan LED. Lampu LED memiliki daya yang kecil, jadi sangat aman dan awet untuk usia pakai lampu tersebut. 

"Dari awal pabrikan sudah memperhitungkan itu. Jadi kalau pakai LED, pasti lampu motor aman dan awet jadi tidak ada masalah dengan aki," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
M Fadli
Wilfridus Kolo
Fauzi

Fauzi

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter
JOIN US
JOIN US