The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selain Mengubah Plat Nomor Kendaraan Jadi Putih, Sebuah chip juga akan Tersemat
MG 5 GT (MG Motor Indonesia)-ilustrasi plat putih
Otomotif

Selain Mengubah Plat Nomor Kendaraan Jadi Putih, Sebuah chip juga akan Tersemat

Selasa, 25 Januari 2022 11:26 WIB 25 Januari 2022, 11:26 WIB

INDOZONE.ID - Para pengguna kendaraan bermotor di Tanah Air jangan kaget bila saat ini melihat plat putih melekat di kendaraan, pasalnya pihak Polri resmi memberlakukannya bulan ini.

Selain itu, berdasar keterangan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menanam chip pada pelat nomor kendaraan berlatar warna putih tadi.

Namun, chip ini dijadwalkan serentak mulai diterapkan pada plat putih pada 2023 mendatang (tahun depan,RED).

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Ramadhan menyebut penggunaan chip bakal efektif ditanam di pelat kendaraan pada 2023 mendatang.

"Terkait penggunaan chip nantinya pelat tersebut akan dilengkapi chip. Hal ini efektif akan diterapkan wacana ini di tahun depan 2023," kata Ramadhan kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

"Pergantian plat nomor polisi, kami sampaikan yang saat ini berwarna dasar hitam dengan tulisan putih, diganti pelat dasar putih dengan tulisan hitam. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap mulai Januari 2022 ini," papar Ramadhan.

Baca juga: Ini Syarat Urus STNK dan BPKB Kendaraan yang Sudah Dimodifikasi

Sekedar informasi, wacana perubahan warna kendaraan dari hitam ke putih terus bergulir dan pada tahun ini akan dilaksanakan. Perubahan warna pelat tersebut tentunya akan berguna untuk memudahkan kerja Polri sendiri.

Pelat putih sendiri diketahui akan mudah terbaca dengan sistem tilang elektronik atau E-TLE. Nantinya, pelat putih tersebut juga akan ditanam chip yang berisi identitas kendaraan itu sendiri.

Untuk itu, mobil produksi terbaru secara otomatis keluar dengan plat putih sedangkan mobil lama yang pajak kendaraan 5 tahunnya sudah habis sebagai ganti plat (kalengnya, RED) juga akan mendapatkan pelat motif putih.

Pihak Polri memastikan untuk pergantian pelat tersebut gratis.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US