Uji Tabrak, Dua Mobil Mitsubishi Raih Skor Tinggi

- Rabu, 27 Mei 2020 | 17:41 WIB
Tampang Mitsubishi eK X yang mendapat apresiasi lima bintang dari  JNCAP (Dok.Mitsubishi)
Tampang Mitsubishi eK X yang mendapat apresiasi lima bintang dari JNCAP (Dok.Mitsubishi)

Dua mobil Mitsubishi yakni eK X dan eK Wagon mendapatkan skor tertinggi dalam uji keamanan dan keselamatan oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP). Keduanya berhasil mendapat bintang lima karena penerapan teknologi dan fitur keselamatan yang dinilai aman untuk pengemudi dan penumpang.

Inovasi yang diberikan untuk kedua mobil ini sejalan dengan fokus Mitsubishi Motors dalam konsep keselamatan untuk menyiapkan mobilitas masyarakat yang aman dalam kecelakaan lalu lintas dengan mengurangi tingkat kefatalan.

Mobil eK X dan eK Wagon dilengkapi dengan teknologi driver assistance yang mencakup fitur-fitur keselamatan sebagai sebuah formula preventif untuk mendukung pengemudi dalam menghindari tabrakan, atau mengurangi kerusakan tabrakan.

Di dalamnya ada fitur Lane Departure Warning (LDW) yang menginformasikan kepada pengemudi dengan bel peringatan dan tampilan layar informasi ketika kendaraan akan menyimpang dari jalurnya. Sementara Lane Departure Prevention (LDP) membantu pengemudi mengembalikan kendaraan pada jalurnya.

Selain itu, Mitsubishi Motors juga melengkapinya dengan Emergency Assist for Pedal Misapplication yang dipasang di kedua kei wagon ini untuk  mencegah akselerasi mendadak akibat pengoperasian tuas atau pedal yang tidak disengaja.

-
Bangku Mitsubishi (DOk. Mitsubishi)

Ada juga Multi Around Monitor yang membantu pengemudi untuk memonitor lingkungan sekitar kendaraan saat parkir. Hal ini dinilai tim JNCAP sebagai sebuah langkah maju dalam dunia otomotif untuk memproteksi konsumen dari berbagai kefatalan saat mengemudi.

Kedua mobil ini juga mendapatkan sistem pengereman Forward Collision Mitigation (FCM) yang mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan kendaraan, dan Automatic High Beam (AHB) yang berganti antara sorotan tinggi dan sorotan rendah dengan mendeteksi kendaraan sebelumnya atau yang akan datang dan tingkat kecerahan jalan dan sekitarnya, untuk memastikan pengemudi aman ketika berpapasan dengan kendaraan lain.

Untuk uji tabrak yang dilalui, eK X dan eK Wagon menawarkan performa keselamatan tabrakan mumpuni. Keduanya mengadopsi sistem keselamatan Mitubishi Motors Rise.

Desain bodi depan dilengkapi teknologi penyerapan energi tabrakan dengan kompartemen penumpang yang tahan deformasi, serta enam SRS Airbag yang melindungi penumpang

Kei wagon dirancang untuk lebih meningkatkan keselamatan pejalan kaki dengan memasang struktur penyerap energi di kap mesin untuk melindungi area kepala pejalan kaki, dan struktur di dalam bemper untuk mengurangi cedera pada kaki pejalan kaki saat terjadi tabrakan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X