Motor Buas BMW M 1000 RR Resmi Mulai Debutnya di Dunia

- Rabu, 23 September 2020 | 14:27 WIB
Tampang motor sport buas  BMW M 1000 RR (Dok. BMW Motorrad)
Tampang motor sport buas BMW M 1000 RR (Dok. BMW Motorrad)

BMW Motorrad memulai langkah strategisnya dalam memperkenalkan lini model terbaru di bawah 'bendera' M, yang merupakan produk motor berperforma tinggi di jajaran BMW Global. Wujud motor yang dibawa adalah BMW M 1000 RR.

Model M RR ini sebagai interprestasi BMW dalam menghadirkan model terkuat di jajaran BMW Motorrad yang telah dihadirkan kepada publik dunia. BMW M 1000 RR merupakan model M perdana dari BMW Motorrad yang berbasiskan S 1000 RR lansiran 2020.

Pengembangan M RR sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018 silam. Motor BMW ini menonjolkan sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR.

-
Tampang motor sport buas BMW M 1000 RR. (Robreport)

Selain itu, imbuhan material karbon yang disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR.

BMW M 1000 RR dibekali mesin berbasiskan versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor pun hanya 192 kg.

Hasilnya, output yang mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak diangka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston baru 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Berdasarkan keterangan resmi BMW Motorrad, Rabu (23/9/2020), BMW M 1000 RR telah dipasangkan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka 'jembatan' di bagian tengahnya terbuat dari aluminium. Sasis ini begitu serasi dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya.

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm hingga 15.100 rpm. Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan tanpa kehilangan sisi sportynya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X