Diam-Diam Yamaha Produksi Motor Listrik untuk Kendaraan
Ilustrasi simulasi penggunaan motor listrik Yamaha pada mobil. (Paultan)
Otomotif

Diam-Diam Yamaha Produksi Motor Listrik untuk Kendaraan

Inovasi baru.

Jumat, 14 Februari 2020 20:09 WIB 14 Februari 2020, 20:09 WIB

INDOZONE.ID - Yamaha diam-diam telah mempersiapkan motor listrik untuk mobil dan motor. Inovasi ini terbilang mengesankan karena Yamaha tampak cukup serius menggarap kendaraan bermesin motor listrik. Bahkan ke depan motor listriknya akan didorong untuk menjadi original equipment manufacturers (OEM).

Motor listrik yang dibangun Yamaha, mengutip Paultan, Jumat (14/2/2020) merupakan motor listrik berkinerja tinggi. Power yang ditawarkan pada motor dan mobil pun telah dipisah sesuai dengan kebutuhan masing-masing 268 Hp untuk mobil dan dengan power minimum 28 Hp untuk motor.

Pabrik Yamaha yang akan menggarap proyek motor listrik mereka ini adalah fasilitas produksi yang berada di Iwata, Jepang. Motor listrik ini memiliki sejumlah teknologi yang akan mendukung performa kendaraan dengan penyematan teknologi permanent-magnet synchronous motor (PMS).

Untuk membuktikan hal tersebut, Yamaha menampilkan video di mana motor listrik ciptaannya dipadukan dengan Alfa Romeo 4C. Dan hasilnya motor listrik itu mampu membuat 4C berakselerasi lebih cepat dan nyaris tanpa suara.

Teknologi yang digunakan Yamaha ini menarik karena motor listriknya dapat disetel agar tenaga dan torsi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan kendaraan hingga tenaga terkecil 45 Hp yang sudah sangat cukup untuk sebuah skutik.

Dengan teknologi ini Yamaha yakin pasar kendaraan listrik akan melirik produknya karena motor listrik yang disediakannya cukup kompetitif dibandingkan dengan motor listrik yang dikembangkan Harley-Davidson LiveWire yang menghasilkan power 104 hp dan torsi 117 Nm.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
Wilfridus Kolo
JOIN US