Fungsi Penting dari Jalan Metal yang Berada di Setang Piston Mobil
(photo/Flickr/Alex Corona)
Otomotif

Fungsi Penting dari Jalan Metal yang Berada di Setang Piston Mobil

Indozone Media
Rabu, 06 November 2019 16:00 WIB 06 November 2019, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Setang piston yang terdapat pada mobil tidaklah menggunakan bearing layaknya setang piston yang terdapat pada motor. Dalam mendukung kinerja kerja dari setang piston mobil sendiri akan dilengkapi dengan komponen jalan metal atau sering disebut sebagai round bearing.

Hal inilah yang dapat membedakan setang piston yang terdapat pada mobil maupun pada motor. Komponen metal jalan sendiri dapat dijumpai pada bagian big end yang berada pada tempat guna untuk meletakkan setang piston ke bagian kruk as. 

Bentuk dari komponen ini adalah mirip dengan pelat yang melengkung dan terbuat dari bahan besi yang dilengkapi dengan campuran tembaga khusus, Kabarnya, satu setang piston mobil akan menggunakan dua buah jalan metal.

Namun hadir dalam bentuk yang sederhana dan sering disepelekan oleh orang-orang, komponen ini sangatlah penting untuk mendukung kinerja dari mesin sendiri. Metal jalan yang berada pada piston harus terpasang dengan sempuran dan bahannya dikabarkan harus licin saat terkena oli agar tidak ada gesekan saat mesin hidup.

Komponen ini dirancang untuk tahan terhadapa situasi panas dan tidak memuai, dikarenakan untuk mendukung putaran setang piston lancar makanya komponen ini dibuat harus memenuhi kriteria tersebut.

Rusaknya komponen pada jalan metal dapat terjadi karena beberapa faktor.Salah satu faktor yang dapat membuat komponen jalan metal menjadi rusak adalah dikarenakan kurangnya pelumasan oli yang dapat membuat gesekan berlebih dan panas yang dapat dihasilkan mampu membuat piston tersebut menjadi macet dan akhirnya dapat membuat mesin tersebut menjadi mati. 

TAG
Indozone Media

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU