The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Asal Pilih Jas Hujan, Ada Caranya Lho!
Ilustrasi penjual jas hujan di pinggir jalan. (ANTARA FOTO/Rizal Hanafi)
Otomotif

Jangan Asal Pilih Jas Hujan, Ada Caranya Lho!

Awas sekarang seringkali hujan, yuk disimak.

Selasa, 01 Februari 2022 16:43 WIB 01 Februari 2022, 16:43 WIB

INDOZONE.ID - Jas hujan menjadi salah satu alat tempur wajib bagi pengendara sepeda motor saat musim hujan tiba.

Namun, dalam memilih jas hujan, pengendara sepeda motor harus memperhatikan kualitas jas hujan sehingga berguna dan berfungsi dengan baik. 

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), dalam rilis pers yang diterima, Senin (31/1/2022), sebaiknya pengendara motor jangan asal memilih jas hujan.

"Ketika tidak digunakan saat berkendara, jas hujan dapat disimpan di bagasi sepeda motor ," ungkap Hariadi. 

Berikut sejumlah tips memilih jas hujan untuk pengendara sepeda motor dari PT SIS:

1. Pastikan Jas Hujan Pas dan Nyaman Dipakai

Ukuran jas hujan dapat mempengaruhi kenyamanan yang berpotensi membahayakan keselamatan. Untuk itu, carilah ukuran jas hujan yang sesuai dengan bentuk tubuh, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. 

Jas hujan yang terlalu besar akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian dan dapat tersangkut di roda maupun gir rantai. Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan tidak berfungsi menutupi pakaian dan tubuh dari terpaan air hujan. 

2. Pilih Jas Hujan Warna Terang

Warna jas hujan terang atau mencolok dapat membantu pengendara lain melihat jelas keberadaan pengemudi motor terutama di malam hari. 

Baca Juga: Ini Tiga Daftar Sedan yang Aduhai Menawan, Cocok dipakai Imlek Tahun ini

Pilihan warna jas hujan yang terang dapat membantu keselamatan pengendara di perjalanan. Pilihan warna yang dapat digunakan misalnya hijau, kuning, oranye, atau merah menyala. 

Lebih baik lagi jika memilih jas hujan yang dilengkapi dengan scotlite atau reflector. 

3. Hindari Menggunakan Jas Hujan Model Ponco

Pengendara sebaiknya menghindari model jas hujan ponco karena dapat membahayakan keselamatan. Dengan desainnya yang seperti jubah, bagian bawah jas hujan ponco dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai sepeda motor. 

Selain itu, jas hujan ponco juga tidak efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan karena modelnya yang mudah berkibar. Model jas hujan yang disarankan adalah model press agar lebih rapat dan tidak ada celah air masuk.

4.  Perhatikan Kualitas Jas Hujan

Jas hujan berbahan parasut dapat membuat penggunanya kepanasan dan tidak nyaman ketika bergerak dan bernapas, sedangkan jas hujan dari bahan plastik tentu tidak awet karena mudah sobek. 

Adapun bahan jas hujan yang disarankan adalah coating glossy atau bahan bening yang anti embun, misalnya jas hujan dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US