The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 VW dan Bosch Ngotot Bangun Pabrik Baterai yang Lebih Besar, Eksistensi Mobil Listrik
Bosch (ANTARA/Shutterstock)
Otomotif

VW dan Bosch Ngotot Bangun Pabrik Baterai yang Lebih Besar, Eksistensi Mobil Listrik

Rabu, 19 Januari 2022 14:45 WIB 19 Januari 2022, 14:45 WIB

INDOZONE.ID - Untuk mendukung produksi mobil listriknya, Volkswagen berkolaborasi dengan Bosch yang sepakat membangun fasilitas produksi baterai patungan di Eropa.

Dikutip dari Reuters, Rabu, usaha tersebut akan memberikan sistem produksi baterai dan membantu produsen sel baterai dalam meningkatkan dan memelihara lokasi produksi, kata Volkswagen, menambahkan bahwa mereka akan melayani pabriknya sendiri dan pabrik lainnya di seluruh Eropa.

"Eropa memiliki satu kali kesempatan untuk menjadi pembangkit tenaga listrik global untuk baterai di tahun-tahun mendatang," kata anggota dewan Volkswagen Thomas Schmall, yang bertanggung jawab atas rencana baterai VW.

Perusahaan tidak mengatakan berapa banyak mereka akan berinvestasi dalam usaha tersebut.

Baca juga: Speedometer Bermasalah atau Mau Kustomisasi, Serahkan pada Ahlinya

Sejauh ini, pabrik sel baterai yang mampu menghasilkan kapasitas hanya di bawah 900 gigawatt jam (GWh) telah diumumkan di Eropa, menurut data dari European Battery Alliance (EBA) - yang akan menghasilkan sekitar 16 persen dari produksi global pada 2029.

Tetapi EBA mengatakan sepertiga dari baterai global harus diproduksi di Eropa pada 2030 untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok yang mendominasi pasar, sebagian besar dari Korea Selatan dan China.

Sementara, bagi Bosch, langkah tersebut akan memperkuat perannya dalam transisi menuju EV, yang bagi banyak pemasok merupakan ancaman eksistensial karena membangun EV membutuhkan lebih sedikit langkah dan lebih sedikit tenaga daripada membangun mobil bermesin pembakaran internal.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor
JOIN US
JOIN US