Asyiknya Nyobain Mobil 'Sultan' Toyota GR Supra

- Rabu, 20 November 2019 | 17:11 WIB
Toyota GR Supra (Indozone/Tjahyo Utomo).
Toyota GR Supra (Indozone/Tjahyo Utomo).

Sejak diperkenalkan di depan publik Indonesia, Toyota GR Supra sukses mencuri perhatian kaum penyuka mobil sport. Indozone pun mendapat kesempatan menjajal langsung performa mobil sport dua pintu ini di lintasan Sirkuit Sentul, Bogor, Rabu (20/11).

Dari sisi eksterior, GR Supra ini lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya. Oh iya, GR Supra ini adalah generasi kelima dari legenda sportscar Toyota Supra yang Generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Diikuti Generasi II pada 1981, Generasi III pada 1986, Generasi IV pada 1993 dan pada 2002 produksi Generasi IV dihentikan. Artinya, model Supra ini sempat vakum selama 17 tahun!

Desain akhir GR Supra ini berhasil mengurangi hambatan udara dan secara efektif juga menghasilkan tekanan untuk meningkatkan handling dan stabilitas. Bumper depan dan belakang terlihat lebih dinamis. Bagian samping tampak lebih ramping sehingga velg Alloy Sporty Design dibalut ban dengan ukuran 19” yang digunakan terlihat lebih menonjol.

Desain bagian atas hadir dengan double bubble yang berfungsi mengalirkan udara ke spoiler belakang untuk memberi tambahan down force. Spoiler belakang berbentuk duck-tail tampak terintegrasi dengan desain buritan, sehingga memberikan kesan kuat dan sporty.

Puas menikmati sosok bodi GR Supra, Indozone pun bersiap mencoba performa mesin dan suspensi untuk membuktikan bahwa mobil yang dibanderol Rp2 miliar ini memberi sensasi menyenangkan saat dikemudikan. Dikarenakan menguji di lintasan balap, faktor keselamatan menjadi paling utama dan helm adalah perangkat wajib yang harus digunakan.

Mesin Galak

-
Toyota GR Supra (Indozone/Tjahyo Utomo).

Setelah memposisikan badan ke jok yang bisa disesuaikan secara elektrik, Indozone mulai mengarahkan GR Supra berwarna merah menjauh dari pit stop menuju lintasan balap sejauh 3,965 km. Untuk mengetahui perbedaan performa mesin, Indozone menggunakan mode Normal. Saat menggunakan mode normal, perpindahan transmisi otomatis dan tarikan mesin GR Supra terasa lembut namun cukup bertenaga. Sirkuit Sentul yang memiliki 11 tikungan ini dengan mudah ditaklukan.

Lantaran penasaran dengan galaknya dapur pacu GR Supra yang dibekali mesin 3.000 cc Turbo 6- silinder segaris, Indozone menggunakan mode Sport untuk menjajal langsung transmisi 8-speed Sport Automatic. Saat mode Sport diaktifkan, ternyata suara mesin terasa galak yang artinya tenaga mesin bisa maksimal di 340 PS pada putaran mesin 5000-6.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 500 Nm di putaran 1.600-4.500 rpm.

Saat pedal akselerator ditekan penuh, GR Supra pun langsung melesat dan kecepatan yang berhasil diraih setelah melewati tikungan terakhir menuju trek lurus garis finish adalah 220 km/jam, sementara GR Supra diklaim kecepatan maksimal mencapai 250 km/jam. Sebagai mobil sport jalan raya, faktor sistem pengereman pun juga tak luput dari perhatian. Dengan menggunakan kaliper 4 piston Brembo.

Enak Buat Nikung

-
Toyota GR Supra (Indozone/Tjahyo Utomo).

Selain mesin yang responsif saat mode Sport, faktor yang mengasyikan adalah saat melakukan manuver melibas di setiap tikungan. Pengendalian GR Supra sungguh menyenangkan ini berkait titik keseimbangan yang optimal, yaitu jarak sumbu roda (wheelbase) yang diperpendek menjadi 2.470 mm, tapak (tread) yang rendah, dan pusat gravitasi (centre of gravity). Hasilnya, GR Supra sangat menyenangkan dibuat menikung cepat dan minim limbung. Belum lagi, suspensi menggunakan teknologi AVS (adaptive variable suspension) yang dapat mengontrol respons terhadap permukaan jalan.

Tentu saja mengemudikan GR Supra akan lebih percaya diri, gak takut melintir, karena gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus.

Untuk sebuah mobil sport jalan raya memang GR Supra patut dipertimbangkan. Akan tetapi, ingat ini mobil sultan, kalau sahabat Indozone masih mandi pake gayung, sebaiknya jangan mimpi beli Toyota GR Supra.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X