Honda Forza Meluncur di India, Beda dengan Indonesia Punya?

- Rabu, 4 Maret 2020 | 18:26 WIB
Honda Forza 250 di Indonesia memiliki tampilan yang sama dengan Honda Forza 300 yang telah meluncur di India.  (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Honda Forza 250 di Indonesia memiliki tampilan yang sama dengan Honda Forza 300 yang telah meluncur di India. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

Otoritas Honda India telah mengeluarkan motor Honda Forza terbaru pada akhir Bulan Februari 2020. Namun, jenisnya dikabarkan berbeda dengan motor Forza yang hadir di Indonesia.

Astra Honda Motor (AHM) selaku pemasok motor Honda di Indonesia, merilis Forza 250. Sementara di India berjenis Honda Forza 300 dan jumlahnya terbatas. 

Dari tampilan, umumnya kedua motor sama. Hanya saja ada perbedaan pada besaran jantung pacunya. Indianautoblog, Rabu (4/3/2020) melaporkan, skutik anyar Honda ini memliki desain lebih dinamis dan agresif dari Forza 250.

Skema warna pada Forza edisi terbatas ini merupakan kombinasi abu-abu yang dipadupadankan dengan hitam glossy. Sejumlah pihak pun menyebutnya dengan sebutan 'Air Force Grey'. 

Pembeda lainnya adalah varian edisi terbatas ini dilengkapi jok kulit dengan jahitan merah. Selain itu, ada juga pelek roda warna merah pada model baru dan tambahan logo 3D Forza 300. 

Pencahayaannya menggunakan full LED, kaca depannya disetel secara elektronik. Bagasinya dapat menampung dua helm full face.

Honda Forza 300 memiliki kluster instrumen pod ganda yang terdiri dari speedometer analog dan takometer. Ada juga LCD digital yang menyediakan informasi.

Sebut saja jarak tempuh, jarak tempuh saat ini, meter perjalanan, jarak tempuh rata-rata, jam, termometer suhu sekitar, dan sensor baterai.

Skuter mid-size premium ini ditenagai mesin SOHC 279 cc single-silinder, 4-valve, liquid-cooled dan fuel-injected, yang menghasilkan tenaga maksimum 25 PS pada 7.000 rpm dan torsi puncak 27,2 Nm.

Mesin ini juga dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang membantu motor bisa mendapatkan kembali traksi roda belakang dengan mendeteksi perbedaan antara kecepatan roda depan dan belakang. HSTC dapat dinyalakan dan dimatikan melalui sakelar di sisi kiri.

Pengaturan suspensi termasuk garpu teleskopik 33 mm di bagian depan dan peredam kejut ganda atau pegas yang dapat diatur tujuh tahap di bagian belakang membuat pengguna lebih nyaman. Sementara sistem pengereman Honda Forza 300 dibekali dengan model cakram depan 256 mm dan cakram belakang 240 mm disertai ABS dua kanal.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X