The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Pembuat Oli Lamborghini, Pertamina Lubricants Pede Ekspansi Pasar Global
Ilustrasi mobil balap Lamborghini, partner Pertamina Lubricants. (Dok. Pertamina)
Otomotif

Jadi Pembuat Oli Lamborghini, Pertamina Lubricants Pede Ekspansi Pasar Global

Go internasional.

Minggu, 26 Juli 2020 13:26 WIB 26 Juli 2020, 13:26 WIB

INDOZONE.ID - Pertamina Lubricants sebagai perusahaan pelumas anak bangsa, terus berupaya memperkuat kiprahnya mengibarkan panji Merah-Putih di dunia internasional dengan mengekspansi pasar pelumas Internasional. Hal ini dilakukan, setelah perusahaan pelat merah ini menjadi pemain utama di pasar lokal.

Product Planning Development PT Pertamina Lubricant, Sinung Wikantoro, ST mengatakan sejak berdiri sendiri sebagai anak perusahaan Pertamina di tahun 2013 sebagai perusahaan pelumas, Pertamina Lubricants, mereka ingin menjadi perusahaan kelas dunia.

"Kita akan menjadi world class Lubricants Company. Visi kami melaksanakan bisnis solusi pelumasan dan memasarkan pelumas secara kompetitif di pasar domestik dan luar negeri. Kita sudah mendefinisikan diri bukan hanya sebagai Lubricants seller tapi penyedia Lubricants Solution pelumasan," kata Sinung di Jakarta beberapa waktu lalu dalam webinar bersama Forum Wartawan Otomotif bertajuk "Menembus Pasar Global".

Untuk mencapai tujuan ini, Pertamina Lubricants telah mengambil langkah strategis dengan mengakusisi pabrik pelumas Amaco di Thailand pada tahun 2014, sehingga berubah nama menjadi Pertamina Lubricants Thailand. Selain itu, untuk menguatkan brand imagenya, Pertamina Lubricants menggaet Lamborghini yang dikenal sebagai supercar terkenal dunia.

"Partner teknologi kami sangat banyak sekali karena dalam mengembangkan teknologi pelumas kita gak bisa sendirian. Kita saling terkait karena oli itu, bukan cairan yang licin. Tapi dia produk yang syarat dengan teknologi. Salah satu ikon kita mengembangkan pelumas di otomotif adalah Lamborghini. Pelumasnya kita kembangkan secara khusus untuk balapan resmi mereka dan mereka telah mengakui kualitas pelumas kita," tutur Sinung.

Dengan modal ini, Pertamina Lubricants percaya diri karena masih banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) otomotif seperti Toyota, Mercedes-Benz, Hyundai dan merek lainnya yang memberikan kepercayaan untuk mengembangkan oli untuk mesin mereka mereka dan mereka telah memberikan approval kepada Pertamina Lubricants karena pelumas Indonesia diakui aman untuk produknya.

"Dari pengakuan konsumen kita tadi. Kita memiliki kepercayaan diri yang cukup sebagai perusahaan pelumas nasional. Kita harusnya cukup percaya diri bahwa kita potensi yang cukup untuk diakui di dunia artinya selain jual di diri kita juga bisa ekspansi dengan mengambil pasar-pasar di luar negeri," tuturnya.

Dari data Global Lubricants Market Players 2018, saat ini secara global Pertamina Lubricants ada di urutan 15 World-class Lubricants Company dalam hitungan inter of take, sehingga dengan sumber daya yang dimiliki Pertamina Lubricants dapat berbicara banyak di dunia internasional.

"Tantangannya sangat menarik karena posisi diatas kita tidak sulit untuk kita lalui maka cita-cita kita sebenarnya cukup rasional untuk bisa mengambil peran di pasar global," tukasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US