The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Mudah Hilangkan Goresan dan Kusam pada Bodi Mobil
Ilustrasi melakukan waxing pada bodi mobil yang tergores. (Dok. Dokter Oto)
Otomotif

Cara Mudah Hilangkan Goresan dan Kusam pada Bodi Mobil

Agar tetap mulus.

Rabu, 24 Juni 2020 12:32 WIB 24 Juni 2020, 12:32 WIB

INDOZONE.ID - Menjaga kondisi mobil agar terhindar dari goresan dan tampilan cat yang kusam tentu akan membuat mobil tetap tampil menarik. Itu sebabnya pengguna mobil perlu memperhatikan bagian bodi mobil agar tetap kinclong.

Lalu bagaimana membuat bodi mobil tetap mulus, tidak kusut dan tetap kinclong? Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Herli Barlian, mengatakan treatment yang diberikan untuk menjaga agar mobil bodi mobil tetap kinclong bisa dilakukan sendiri dengan bahan dan peralatan yang sederhana.

"Goresan pada bodi mobil kadang sulit dihindari dan kerap kali pengendara tidak menyadari mobilnya tergores. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencuci mobil terlebih dahulu di tempat atau lokasi yang tidak terpapar sinar matahari langsung sebelum treatment," kata Berlian di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Setelah dicuci bersih, pemilik mobil bisa menggunakan compound untuk menghilangkan coretan dan baret halus pada bodi mobil dengan cara memoles dan menggosoknya sampai merata dan goresan dibodi hilang.

"Gunakan compound untuk menghilangkan coretan dan baret halus pada bodi mobil. Gosok bagian tersebut menggunakan kain micro fiber atau busa halus secara melingkar dengan tekanan sedang sampai goresan tidak terlihat," tuturnya.

Setelah itu, oleskan wax dengan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound. Ulangi proses hingga mencapai hasil yang diinginkan. Dengan cara sederhana ini bodi mobil akan kinclong dan mulus lagi.

Sementara untuk menghilangkan tampilan kusut mobil, pengguna perlu memperhatikan agar mobil tidak diparkir di tempat terbuka yang langsung terpapar sinar matahari atau hujan. Saat cat mobil terlihat kusam bisa dipoles dengan cairan khusus yang kini banyak ditemukan di workshop otomotif untuk kembali membuat warnanya cerah dan mengkilap.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
Wilfridus Kolo
M Fadli

M Fadli

Writer
Wilfridus Kolo

Wilfridus Kolo

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US