Mau Modifikasi Ban Motor? Perhatikan 3 Hal Ini
Ilustrasi modifikasi ban motor. (Autos)
Otomotif

Mau Modifikasi Ban Motor? Perhatikan 3 Hal Ini

Modifikasi ban motor pengaruhi keselamatan.

fauzi
Selasa, 15 Oktober 2019 13:59 WIB 15 Oktober 2019, 13:59 WIB

INDOZONE.ID - Banyak pemotor ingin tampil beda dengan memodifikasi tunggangannya. Biasanya, perubahan terjadi pada spesifikasi komponen motor. Mulai dari frame motor, shockbreaker hingga roda, agar motor lebih aman dan terlihat keren sesuai dengan karakter penggunanya.

Perubahan pada roda tak jarang dilakukan untuk menyesuaikan dengan aliran modifikasinya. Untuk itu, ban bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil atau besar. Terkait dengan itu, pemotor harus mempertimbangkan beberapa hal guna memastikan aspek keamanan berkendara, termasuk menyangkut cengkraman ban terhadap permukaan jalan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengganti ban dalam modifikasi motor:

1. Pelek

Pelek harus proporsional sesuai dengan ukuran ban. Ini berarti lebar pelek harus sesuia dengan ukuran ban, Jangan memaksa untuk menggunakan ban lebih besar pada pelek standar, karena itu akan mengganngu kestabilan tunggangan.

2. Swing Arm

Bila ukuran ban sudah tidak standar, sebaiknya motor menggunakan Swing Arm yang telah di-custom agar posisinya tidak mentok. Artinya, posisi Swing Arm diusahakan sesuai dengan ukuran ban yang digunakan.

3. Rantai

Perhatikan jarak antara bibir terluar ban dengan rantai, agar tidak terjadi gesekan antara ban dan rantai.Jika terjadi gesekan antara rantai dan ban, akan memengaruhi motor saat sudah berjalan. Untuk itu, pemotor harus memastikan agar rantai benar-benar bebas gesekan. (WK)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU