The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jalin Kerja Sama dengan Stanford's Dynamic Design Lab, Toyota Usung Autopilot ke Supra GR
Toyota Supra GR yang telah dilengkapi sistem autopilot. (photo/Dok. Carscoops)
Otomotif

Jalin Kerja Sama dengan Stanford's Dynamic Design Lab, Toyota Usung Autopilot ke Supra GR

Kamis, 21 Januari 2021 16:22 WIB 21 Januari 2021, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, Toyota menjalin kerja sama dengan Stanford's Dynamic Design Lab untuk memberikan sesuatu yang baru di Toyota Supra GR. Dimana, Toyota Supra tersebut tidak sembarangan dikarenakan telah dilengkapi sistem kemudi roda otomatis atau sistem autopilot. 

Tujuan dari kerja sama itu adalah untuk satukan kemampuan pengemudi profesional dengan teknologi mengemudi otomatis. Dari sana, Toyota akan merancang teknologi keselamatan aktif terbaru dengan temuan yang didapatkan dari hal tersebut. Melihat hal itu, CEO dan Kepala Ilmuwan Toyota Research Institue, Gill Pratt memberikan komentarnya.

"Kenyataannya adalah bahwa setiap pengemudi memiliki kerentanan. Untuk menghindari kecelakaan, pengemudi sering kali perlu melakukan manuver di luar kemampuan mereka," ungkap Gill Pratt mengutip Autoblog. 

"Melalui proyek ini, TRI akan belajar dari beberapa pengemudi paling terampil di dunia untuk mengembangkan algoritme kontrol canggih yang memperkuat kemampuan mengemudi manusia dan menjaga keselamatan orang," lanjutnya. 

Pada tahap ini, Toyota mencoba menerapkan arsitektur teknologi otonom ke platform Supra. Mobil yang sudah ditanamkan sistem autopilot ini diberikan nama Supra Drift yang akan menunjukkan kemampuannya dalam dokumentasi video. Di sisi lain, Profesor dari Laboratorium Desain Dinamis Universitas Stanford, Chris Gerdes berikan komentarnya.

"Sejak 2008, lab kami telah mengambil inspirasi dari pengemudi mobil balap manusia dalam merancang algoritme yang memungkinkan kendaraan otomatis menangani keadaan darurat yang paling menantang," ungkap Chris Gerdes.

"Melalui penelitian ini, kami memiliki kesempatan untuk memindahkan ide-ide ini lebih dekat untuk menyelamatkan nyawa di jalan," pungkasnya. 

Meski demikian, Toyota belum memberikan keterangan tentang implementasi dari penelitian ini. Pastinya, Toyota berjanji akan membagi temuan penting ini agar dapat diaplikasikan pabrikan lain demi kurangi kecelakaan lalu lintas. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
JOIN US
JOIN US