Hyundai Mobis Berhasil Kembangkan Sistem Indera Guna Cegah Kematian
Logo pabrikan Hyundai. (Unsplash/Jakob Owens)
Otomotif

Hyundai Mobis Berhasil Kembangkan Sistem Indera Guna Cegah Kematian

Minggu, 29 Maret 2020 12:00 WIB 29 Maret 2020, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Pabrikan pembuat suku cadang mobil terbesar di Korea Selatan, Hyundai Mobis telah berhasil kembangkan sebuah sistem penginderaan dalam kabin dengan basis radar guna mencegah kematian pada mobil akibat panas. 

Melansir Kantor Berita Yonhap, sistem penginderaan tersebut diberi nama sebagai sistem Rear Occupant Alert (ROA). Sistem ROA sendiri berbasis radar yang dapat memberitahukan pengemudi untuk memeriksa kursi belakang jik ada anak yang terdeteksi. 

Saat ini Hyundai Mobis terlebih dahulu mengembangkan sistem ROA. Menurutnya, para pembuat mobil harus mengadopsi peringatan keselamatan di dalam kabin pada setiap kendaraan mereka di Eropa mulai tahun 2022 yang akan datang. 

"Sistem ROA berbasis radar yang lebih akurat dalam merasakan anak-anak di kursi belakang daripada sistem peringatan ultrasonik. Sistem berbasis radar belum diterapkan pada kendaraan manapun," ujar juru bicara Hyundai Mobis. 

Dalam kasus ini, terdapat beberapa kecelakaan yang disebabkan oleh heat stroke kendaraan di Korea selatan dalam beberapa tahun terakhir. Kecelakaan ini dapat terjadi karena anak-anak dibiarkan pada saat musim panas.

Seperti halnya dengan kejadian pada tahun 2018 silam. Terdapat salah seorang gadis berusia 4 tahun meninggal dunia karena faktor heat stroke di kendaraan di wilayah dekat Seoul.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Fernando Sutanto
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US