The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Bedakan Pelumas Asli atau Palsu
Ilustrasi pelumas. (Freepik/@aleksandarlittlewolf)
Otomotif

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Bedakan Pelumas Asli atau Palsu

Begini Cara Bedakan Pelumas Asli atau Palsu

Jumat, 18 November 2022 15:31 WIB 18 November 2022, 15:31 WIB

INDOZONE.ID - Pemilik kendaraan harus berhati-hati dalam memilih pelumas atau oli. Sebab, banyaknya pelumas atau oli yang beredar di pasaran membuat oknum nakal memalsukan pelumas dari produk ternama.

Selain merugikan masyarakat, ulah oknum nakal itu akan merusak komponen mesin mobil atau motor.

Lalu, gimana ya cara membedakan pelumas asli dan palsu?

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli pelumas.

Baca Juga: Sebelum Test Pack Ditemukan, Wanita Zaman Dulu Gunakan Katak Jantan untuk Uji Kehamilan

Konsumen diharapkan jangan mudah tergiur dengan berbagai promo yang menarik dan juga penawaran harga yang jauh lebih murah.

Apalagi pelumas buatan Pertamina, di mana ada sejumlah ciri untuk mengidentifikasi keasliannya. Konsumen bisa mengeceknya pada batch number oli tersebut.

"Paling gampang bisa dilihat pada batch number pada tutup botol atau leher botol. Base number itu kita produksi pakai laser, pasti simetris, berurutan dan rapi. Yang palsu biasanya bolong, jenis dan ukuran font tidak sama, nggak rata dan nggak simetris," ucap dia.

Baca Juga: Apes! Wanita Curhat Beli Ati Ampela di Kaki Lima, Pas Mau Dimakan Ada Telur Lalatnya

Selain itu, perkembangan teknologi juga membuat konsumen lebih mudah untuk mengecek kualitas dari pelumas yang dikeluarkan oleh masing-masing brand, seperti yang juga dikeluarkan oleh PTPL dengan memberikan QR-Code yang bisa di scan oleh konsumen untuk mengecek keasliannya.

"Kita juga ada QR-code pada kemasan olinya. Kalau di kita, biasanya nomor QR-Code-nya random. Beda kalau palsu, biasanya nomornya cenderung sama karena hasil printing," jelas Brahma.

Apabila konsumen ragu dengan pelumas yang dijual, sebaiknya jangan melakukan pergantian oli di bengkel tersebut. Agar lebih aman dan terjamin, konsumen bisa ganti pelumas di bengkel resmi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Victor Median
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US